Ustadz Khairul Umam, M.Ag Sikapi Fatwa MUI Tentang Corona

MCNN Jakarta .Ustadz muda Khairul Umam pengasuh Pondok Pesantren Terpadu ( Pon-Pes Terpadu) Khairul Ummah yang berlokasi diwilayah Kapuk Muara menanggapi Fatwa MUI tentang Covid – 19 dikalangan masyarakat. Berikut cuplikan wawancara reporter MCNN Apen Sodikin dengan Ustadz Khairul Umam atau lebih akrab disebut Abi Umam.

MCNN : “Abi pendapat Abi mengenai Fatwa MUI tentang Corona, point yang inggin saya tanyakan mengenai Sholat Jum’at dan Sosial Distancing bagaimana?”

Abi Umam : ” Saya akan menjawab sebagai pribadi masyarakat dahulu, sebagai masyarakat saya akan berusaha mendiskusikan terlebih dahulu dengan tokoh Agama di wilayah untuk mengambil sebuah kesimpulan. Sedangkan berdasarkan Ijtihad hukum yang berdasarkan dalil Agama maka saya setuju dengan fatwa MUI yang salah satu pointnya menunda atau memgganti sholat Jum’at dengan Sholat Dzuhur jika fatwa itu memang akan menimbulkan kebaikan untuk Umat”.

MCNN : ” Mengenai pro – kontra dimasyarakat mengenai hal ini menurut Abi?”
Abi Umam : “Biasa kalau dimasyarakat , malah banyak yang bicara kalau mati ketika Sholat karena Corona akan masuk Surga. Saya inggin memberikan gambaran saja, orang yang kena Corona biasanya meninggal melalui proses, tidak langsung meninggal diMasjid biasanya dirawat dahulu diRumah sakit jadi sedikit kemungkinan meninggal langsung di Masjid. Saya teringat dengan Ahli Tafir Hadits Prof
DR Nadirsyah Husen beliau mengatakan bahwa saya takut dengan Corona sebab kalau saya meninggal karena Corona akibat dari kurangnya Ikhtiar saya, maka saya tidak bisa beribadah lagi dan tidak berguna lagi untuk sesama padahal dosa saya banyak pantaskah saya diam diSyurgaNya”.

MCNN : ” Jadi Abi setuju dengan fatwa MUI? lalu apa saran Abi sebagai Ulama dan tokoh Agama?”

Abi Umam : ” Setuju sebab untuk kemaslahatan umat, sedangkan untuk saudara saya seagama, saya berpesan kiranya bisa menjaga terus kebersihan dengan menjaga Wudhu dan mengurangi kontak langsung atau Sosial Distancing untuk kebaikan semua dan selalu berdoa supaya Alloh cepat mengangkat masalah ini”. ( Corona-red)

Ustadz Khairul Umam adalah Putra dari KH . Oman Syahroni pembina Pondok Pesantren Terpadu Khairul Ummah yang berlokasi di Kelurahan Kapuk Muara yang mempunyai hampir 600 siswa yang mondok ( sekolah -red ) diPonpes tersebut.

( Apen Sodikin).

 2,494 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan