Universitas Bina Bangsa Gelar Seminar Pemahaman Hukum Dan Teknologi Tepat Guna

Kabupaten Serang Banten, Cyber News Nasional– Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 2021 Universitas Bina Bangsa (Uniba) yang berada di Desa Bakung, Desa Koper, Desa Gembor Udik, Desa Kamurang yang masuk wilayah Kecamatan Cikande, mengadakan seminar tentang Hukum, UMKM, dan Teknologi Tepat Guna. Kegiatan tersebut bertempat di Ponpes Mathlab Al Awam Kampung Sema, Desa Koper, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang Banten, Minggu (08/08/2021).

Dalam paparannya narasumber seminar tentang Hukum yaitu Encep Saefullah, S.H., M.H., M.M., Adv, menyampaikan, banyak hal berkaitan dengan rendahnya tingkat kesadaran hukum di masyarakat, hal ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya mentalitas yang kurang baik dari penegak hukum oleh karena sikap tindaknya yang kurang/ tidak patut, fasilitas pendukung proses hukum yang relatif tidak memadai.

“Pemberian contoh yang kurang baik dari golongan panutan, rendahnya shame culture (budaya rasa malu) dan guilt culture (budaya rasa bersalah). Kecenderungan untuk senantiasa kurang melaksanakan beleid atau kebijakan dan lebih mementingkan kelaziman daripada kebenaran, untuk itu perlu ada upaya untuk bisa meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat melalui. Tindakan, pengetahuan, kampanye dan keteladanan,” ucap Encep.

Untuk seminar UMKM sebagai narasumber yaitu H. Tabroni, S.T., M.M, menyampaiakan, beberapa hal yang berkaitan dengan motivasi dan cara bagaimana seseorang memulai usaha dengan melihat potensi dan segmentasi pasar yang bisa dikembangkan.

Selanjutnya narasumber seminar tentang Teknologi Tepat Guna yaitu Arta Rusidarma Putra, S.T., M.M., CPMP, menyampaikan, berkaitan dengan pentingnya pengelolaan UMKM yang berbasis sentuhan teknologi, dengan salah satunya memaksimalkan UMKM Go Digital Marketing dan penggunaan alat produksi yang lebih modern.

Sebagai Ketua Pelaksana seminar tersebut Faizal Rakhman, diikuti mahasiswa/i lainnya dari kelompok 48 Desa Bakung diketuai Heri Irawan, kelompok 49 Desa Koper diketuai Faizal Rakhman, kelompok 50 Desa Kamurang diketuai Anggita Arkin Dwi Pradita, kelompok 51 Desa Gembor Udik diketuai Nurcholis Afendi. Kegiatan tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan penerapan 5 M.

Turut hadir Korcam KKM Uniba Kecamatan Cikande, Sekdes Koper, Ketua LPM Desa Koper, Ketua Karang Taruna Desa Koper, Bhabinkamtibmas Polsek Cikande Desa Koper, Kades Kamurang, Ketua BPD Desa Gembor Udik. (Agus)

 110 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.