Tingkatkan Taraf Ekonomi Warga, Pemdes Hegarmanah Laksanakan Pembentukan Gapoktanhut

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Pemerintah Desa Hegarmanah melaksanakan kegiatan pembentukan gabungan Kelompok tani hutan (Gapoktanhut) di Aula Desa Hegarmanah Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi, Rabu (05/10/2022).

Kepala Desa Hegarmanah, Ujang Natadireja mengatakan,
Pemdes Hegarmanah membentuk gabungan kelompok tani hutan (gapoktanhut) bertujuan ingin mempunyai sebuah pengelolaan tentang masyarakat yang ada di sekitaran hutan.  Harapannya adalah untuk membangun fasilitas masyarakat yang dimasa depan akan mendapat manfaat dari segi kemanfaatan lahan di bawah naungan Gapoktanhut.

“Secara umum Saat ini ada beberapa lahan yang sudah di kelola oleh warga. Masyarakat dengan bibit tanamannya berupa kopi, kapulaga dan yang lainya dari beberapa titik. Salah satunya Kampung Nangerang, Kampung Citalahab, Kampung Sindang dan Kampung Cipereu. Dengan adanya Gapoktanhut mereka berada di satu wadah aspirasi agar menjadi jembatan dengan perhutani sebagai kolaborasi terkait nantinya peningkatan ekonomi masyarakat yang ada disekitar hutan, ” paparnya.

Ujang juga berharap besar, semoga dengan dibentuknya Gapoktanhut tersebut akan sesuai harapan bersama bagaimana mengayomi dan memfasilitasi warga masyarakat dengan peningkatan ekonomi disekitaran wilayah hutan di Desa Hegarmanah.

(Azhari M)