Tim Ketapang Laksanakan Penilaian di Kelurahan Nambo Jaya

Penilaian Ketahanan Pangan Kelurahan Nambo Jaya

KOTA TANGERANG, MCNN – Tim penilaian Ketahanan Pangan (Ketapang) laksanakan penilaian di wilayah Kelurahan Nambo Jaya Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (03/12/2020).

Hal tersebut dalam berdasarkan perlombaan program Pemerintah Kota Tangerang dalam upaya meningkatkan produktivitas masyarakat demi pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari dengan menerapkan konsep pertanian terpadu dan pertanian organik di area tempat tinggal.

Tim penilaian dari mewakili ketua penilaian dari Dinas Ketahanan Pangan (FKTS) Kota Tangerang Siswanto dan Kementrian Pertanian (Kementan) Direktorat Jendral Tanaman Pangan (DJTP), yang disapa Eka didampingi Kasie Ekonomi dan bangunan (Ekbang) Kecamatan Karawaci, segenap staf dan perangkat Kelurahan Nambo Jaya, serta Komunitas Wanita Tani (KWT) dengan sama-sama meninjau lokasi dalam melihat langsung hasil pertanian warga.

Dalam sela-sela kesempatannya, Siswanto menyapaikan apresiasinya atas pencapaian produktivitas pertanian Warga Nambo Jaya, dan dirinya berharap kemampuan ketahanan pangan dapat dirasakan manfaatnya serta membantu peningkatan perekonomian.

“Kalo saya liat, khususnya Kelyrahan Nambo Jaya luar biasa dari warganya semua sudah mulai menanam, karna lomba ini ruh nya adalah bagaimana masyarakat bisa berdaya dan menyelesaikan masalah ekonominya,” ungkapnya.

Ketahanan Pangan Kelurahan Nambo Jaya

Sementara, Eka Sendiri juga turut mengapresiasi dari perkembangan warga dengan turut mengembangkan rumah bibit, dan berharap kebiasaan ini dapat berkembang dan menjadi nilai ekonomi untuk warga.

“Jadi disini baru saya temuin, ini memang harapan saya, sangat luar biasa. Semoga ini dapat meminimalisir pengeluaran untuk kebutuhan pangan dan menjadi sentral bibit untuk kebutuhan wilayah lainnya,” ujarnya.

Disisi lain, Lurah Nambo Jaya, Samsu Rais saat mendampingi tim penilaian ketapang di KWT Anthurium menjelaskan, Lomba Ketapang tingkat Kota Tangerang yang dilaksanakan merupakan lanjutan dari penilaian tingkat Kecamatan Karawaci.

“Jadi sebelum penilaian tingkat kota, sebelumnua tingkat kecamatan, dan memang ini hasil kerja keras warga sebagai binaan KWT Kelurahan Nambo Jaya,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, agar masyarakat dapat menjaga dan merawat tanaman-tanaman yang sudah ditanam oleh warga itu sendiri sehingga dapat membuahkan hasil.

“Setidaknya tanaman yang sudah bisa panen ya…nantinya bisa dimanfaatkan sendiri, paling tidak kan bisa mengurangi pengeluaran benlanja,” tandasnya.(Red)

 389 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan