Terekam CCTV, Pencuri Modus Tipu Penjaga Toko di Dua Lokasi Mirip

Pelaku pencuri saat memainkan Ponsel diduga milik penjaga toko. (Foto Tangkapan Layar video cctv)

TANGERANG, MCNN — Terekam CCTV, Seorang pria diduga sama melakukan pencurian dengan trik mengelabui penjaga toko di dua toko yang berada di Tangerang dalam kurun waktu seminggu ini.

Lokasi pertama di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Senin, (28/12/2020) sekitar pukul 20.00 WIB. Dan tempat lainnya di Cimone Karawaci Kota Tangerang pada Jumat (1/1/2021) sekitar pukul 19:00 wib.

Dalam video tampak bentuk tubuh dan masker digunakan mirip sekali, dalam rekaman CCTV di toko Cimone tampak pelaku datang langsung menanyakan Bos kepada penjaga toko dan langsung duduk di kursi dekat pintu.

Selanjutnya pelaku meminjam ponsel si penjaga toko, entah dihipnotis atau bagaimana dalam Video tersebut tampak si penjaga toko memberikan uang dan Ponsel miliknya beserta Tablet Kasir.

Setelah menerima uang dari penjaga toko pelaku segera mengantongkan uang tersebut, lalu meminta ponsel si penjaga toko. Dan segera berjalan ke pintu keluar meninggalkan toko.

Pelaku pencuri modus menipu penjaga toko di Karawaci Kota Tangerang. (Foto tangkapan layar video cctv)

Melansir dari akun instagram info Ciledug, kronologi kejadian di toko Pondok Aren Tangsel hampir sama kejadiannya dengan toko Cimone.

Pemilik toko menuturkan awalnya pelaku datang ke toko dan menanyakan keberadaan pemilik toko kepada karyawannya yang menjaga kasir.

“Pelaku nanya, bosnya nggak kesini? Lalu dijawab, siapa? pak V, kan dia lagi di Jogja. Kemudian pelaku bilang, Iya si V, terus yang suka kesini siapa selain V? Karyawan saya jawab Pak AZ” katanya kepada @info_ciledug melalui WhatsApp (29/12/2020).

Tiba-tiba saja pelaku meminjam HP korban dengan alasan untuk mengabari Pak AZ saat korban sedang sibuk melayani customer.

Setelah itu pelaku mengembalikan HP korban dan menyuruhnya untuk membaca pesan WhatsApp.

“HPnya dipinjam, langsung diambil aja dari tangannya. Katanya untuk mengabari Pak AZ. Saat itu karyawan saya lagi fokus melayani customer. Setelah dikembalikan, pelaku bilang, kamu baca ya WA dari pak AZ” katanya.

Modusnya pelaku memanipulasi isi WhatsApp saat korban lengah. Diduga pesan itu berisi perintah dari pak AZ untuk memberikan sejumlah uang.

Pelaku pencuri modus menipu penjaga toko di Pondok Aren Tangerang Selatan. (Foto tangkapan layar Video CCTV)

Setelah membacanya, korban langsung percaya dan menanyakan nominal uangnya kepada pelaku.

“Berapa ya, saya nggak tahu nanti takut disalahin. Lalu kata pelaku, Pak AZ sih bilangnya 3 juta. Korban bilang nggak ada kalau segitu” katanya.

Selanjutnya pelaku berpura-pura menelpon pak AZ. Lalu menyuruh korban untuk mengecek uang yang ada di dalam tas.

“Pelakunya bilang, coba uang yang di tas itu berapa kata Pak Az?” Katanya.

Sontak korban langsung mengeluarkannya dan menyebutkan nominal yang ada didalam tas.

Pelaku mengambil uang dan Tab Cashier lalu pergi dengan tergesa bersama rekannya yang menunggu di motor.

Korban baru sadar kalau dirinya telah ditipu saat mengecek isi pesan itu. Ternyata bukan dari Pak AZ, melainkan nomor rekan pelaku. Sementara nomor asli Pak AZ telah dihapus dari ponselnya.

Akibat kejadian tersebut pemilik toko kehilangan uang sekitar Rp.2,5 juta dan 1 unit tablet Kasir, hampir sama dengan toko yang berlokasi di Cimone Kota Tangerang.

(Ups)

 676 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan