Kepsek di Sudindik 1 Jakut Ikuti Sosialisasi Jurnalistik, Dengan Narsum PWI

Sudindik
Para peserta sosialisasi jurnalistik, Sudindik 1 Jakut.

JAKARTA, Cybernewsnasional.com – Kepala Sekolah ( Kepsek ) di Suku Dinas Pendidikan ( Sudindik) Wilayah 1 Jakarta Utara mengikuti sosialisasi dan pemahaman jurnalistik dengan Nara Sumber( Narsum) ketua PWI Koordinatoriat Jakarta Utara Ilha Dharmawan.

Acara tersebut diselenggarakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 221 Tanjung Prio hari Kamis 25 Mei 2023.

ketua PWI Koordinatoriat Jakarta Utara Ilha Dharmawan, foto bersama para peserta sosialisasi jurnalistik.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut banyak keluhan kepala sekolah yang sering didatangi mengatasnamakan oknum wartawan, hingga ujung ujungnya minta uang bensin.

Dalam sosialisasi tersebut ketua PWI Koordinatoriat Jakarta Utara Ilham Dharmawan mengatakan, profesionalisme wartawan mengacu pada UU Pokok Pers  Nomor 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik.

Oleh karena itu menurut Ilham, sudah jelas dalam Undang – Undang kegiatan jurnalistiknya wartawan tidak dibenarkan melakukan pemaksaan ataupun permintaan uang terhadap nara sumber dalam hal ini Kepala Sekolah.

“Kegiatan peliputan yang menjadi tugas jurnalis adalah mengumpulkan dan membuat berita secara continue serta berimbang.  Pekerja pers dalam menjalankan tugasnya untuk menghasilkan karya jurnalistik diatur dalam Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” terangnya.

Kemudian kata Ilham, kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada para Kepala Sekolah tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang harus ditaati para wartawan dalam menghasilkan karya jurnalistik, kedepanya para kepala sekolah dapat memahami bagaimana menghadapi wartawan yang melakukan wawancara atau konfirmasi.

“Kegiatan ini merupakan sebuah edukasi yang sangat bernilai untuk disampaikan agar semua pihak mengetahui bagaimana kerja wartawan dan seperti apa kode etiknya. Kita berharap semua mitra kerja agar lebih cerdas menghadapi wartawan di lapangan,” pungkasnya.

Penulis : Sunarno