Stock Darah Turun 70% Dimasa Pandemi Covid 19, PMI Jakut Giatkan Donor Darah

Jakarta. MCNN – Hari Palang Merah Sedunia diperingati pada tanggal 8 Mei setiap tahunnya, namun tahun ini bertepatan  dengan perjuangan kita bersama menghadapi Pandemi COVID-19.

Momentum ini mengingatkan kita pada perjuangan Henry Dunant dalam menjaga martabat manusia pada pertempuran di Solverino, sehingga dapat menumbuhkan semangat kita bersama dalam perjuangan menghadapi pandemic COVID-19.

Para kader PKK bersama pengelola RPTRA dan Kader Dasa Wisma mengadakan Donor Darah di Balai Yos Sudarso Lantai 2 Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (11/05/2020).Sebagai upaya penambahan stok darah yang menurun 70 % , selama musibah Covid 19.

Ketua PMI Kota Jakarta Utara H.Sabri Saiman mengatakan, sudah genap empat bulan lamanya Indonesia masih terus berjuang menghadapi pandemic Covid-19, segenap upaya terus dilakukan agar menekan laju penyebaran Novel Corona Virus.

” Tak hanya tim medis di rumah sakit,  PMI sebagai garda terdepan terlibat langsung dalam pencegahan penyebaran COVID-19,” ucapnya.

Selain itu kata H. Sabri Saiman, PMI Kota Jakarta Utara  melakukan promosi kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), etika batuk dan bersin serta melakukan disinfeksi dengan penyemprotan cairan disinfectant di 713 lokasi di wilayah Kota Jakarta Utara dan telah mendistribusikan paket PHBS sebanyak 30.600 dan akan digenapkan menjadi 40.000 paket yang berisi  masker dan sabun cuci tangan.”, sambungnya.

H. Sabri Saiman menambahkan, PMI juga ikut meringankan beban masyarakat, dengan mendistribusikan paket sembako sebanyak 3.744 dari sejumlah 9.796 paket yang merupakan bantuan dari PT. PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) dan PT. Aetra Air Jakarta (Aetra), dan dalam waktu dekat akan dibantu oleh PT. (Persero) Pegadaian sebanyak 1.450 paket sembako untuk masyarakat yang terdampak, penyalurannya dilakukan oleh PMI Kota Jakarta Utara melalui kelurahan,” tambahnya

Disisi lain H. Sabri Saiman menjelaskan, selama masa pandemic ini Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Jakarta Utara terjadi penurunan perolehan darah lebih kurang 70% dari keadaan normal, terlebih pada saat bulan puasa, sedangkan kebutuhan akan darah bagi pasien demam berdarah,  thalassemia juga kebutuhan transfusi darah lainnya meningkat,” tutupnya.

Perlu diketahui. Secara simbolis telah dilakukan penyaluran bantuan pada hari Rabu 6 Mei 2020 di Kelurahan Pegangsaan Dua Kecamatan Kelapa Gading oleh PLT Ketua PMI Prov.DKI Jakarta-H. M. Muas, SH, Walikota Kota Adm. Jakarta Utara / Sigit Wijatmoko, AP, M.Si – selaku Pelindung PMI Kota Jakarta Utara, Wakil Walikota Kota Adm. Jakarta Utara Ali Maulana Hakim selaku Ketua I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 Kota Adm. Jakarta Utara, beserta jajaran nya, serta sejumlah pengurus PMI Kota Jakarta Utara, Camat Kelapa Gading – M. Harmawan dan Lurah Pegangsaan Dua – Suci Cintya. (Eko).

Tinggalkan Balasan