Staf Wapres dan Guru Besar UGM Kunjungi KIM Cibers Cijengkol

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Asisten Staff Khusus Wapres Guntur Subagya Mahardika dan guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Gunawan Sumodiningrat serta Ketua Umum KIM nasional Yus Hartiman mengunjungi Kelompok Informasi Masyarakat Cijegkol Bersatu (KIM Cibers) Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

KIM binaan Diskominfo Kabupaten Sukabumi ini mendapat kunjungan dari berbagai kalangan dan lembaga pusat serta apresiasi berbagai kalangan.

Diketahui, KIM Cibers sebelumnya telah meraih penghargaan dari Pemprov Jawa Barat.

Kunjungan asisten staff wapres dan rombongan tersebut bertujuan untuk melihat langsung tata kelola digitalisasi yang membuat Desa Cijengkol meraih penghargaan KIM Terbaik Jabar untuk kategori Lifetime Achievment pada Festival Literasi Digital Jawa Barat (VIRAL) yang beberapa waktu lalu.

Para tamu ingin mengetahui kelebihan dari inovasi Sipelem atau Sistem Pelayanan Elektronik Mandiri yang digunakan.

Pada kesempatan itu Guntur Subagya Mahardika mengatakan, langkah dan inovasi yang dilakukan Pemdes Cijengkol patut mendapat apresiasi.

“Penerapan layanan administrasi desa dan publik berbasis digital telah memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat” ujarnya.

Menurutnya Guntur, inovasi yang dilakukan KIM Cibers relevan dengan strategi pemerintah tahun 2020- 2024 yakni pengembangan teknologi digital sampai ke tingkat desa. Target program itu agar terbangun ekosistem digital yang dapat mendorong upaya menyejahterakan rakyat.

Guntur menambahkan, pengembangan desa digital harus dioptimalkan di seluruh Indonesia, Desa Cijengkol telah mempeloporinya.

“Insya Allah saya akan merekomendasikan capaian KIM Cibers kepada Bapak Wakil Presiden, mudah-mudahan beliau bisa berkunjung ke sini,” kata Guntur.

Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM Prof. Gunawan Sumodiningrat juga mengungkapkan hal yang senada.

Dalam pandangannya konsep Desa Digital Global (Dedigo) yang digagas oleh KIM Cibers, nampak satu wujud pembangunan bangsa dari desa.

“Aplikasi Dedigo ini sangat praktis dan mudah digunakan serta bisa menyempurnakan sistem informasi desa,” ungkapnya.

Inovasi ini juga bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Tentu kami mengapresiasi aplikasi ini karena jelas bermanfaat dan mencerminkan semangat bebersamaan untuk membangun bangsa, demikian kata Gunawan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Sukabumi Sukabumi, Herdy ‘Bima’ Somantri menyatakan, kunjungan para tokoh nasinoal tersebut merupakan momen strategis dan prospektif untuk pengembangan KIM di Kabupaten Sukabumi.

“KIM merupakan mitra startegis pemerintah dalam menjalankan amanat keterbukaan informasi publik serta berperan aktif dalam mewujudkan peradaban revolusi teknologi 4.0,” kata Bima.

Agenda Dinas Kominfo Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat, ujar dia, adalah melakukan pembinaan dan pemberdayaan lebih intensif kepada KIM yang ada di Kabupaten Sukabumi. Tujuannya agar peran KIM semakin tegas dan nyata di berbagai bidang bagi masyarakat.

Sebagai informasi, KIM Cibers diketahui tengah menggarap program digitalisasi desa dengan target 1.000 desa yang bekerja sama dengan user di Yogyakarta. Rencananya KIM Cibers juga akan dijadikan lokus benchmarking sekaligus percontohan KIM tingkat provinsi bahkan nasional.

Kepala Desa Cijengkol Haer Suhermansyah menyampaikan, dari kunjungan tersebut, KIM Cibers akan diikutsertakan pada perlombaan KIM tingkat nasional.

“Selain itu ada agenda tanggal 3 sampai dengan 4 Februari 2022, Forum Komunikasi KIM se-Jawa Barat akan melakukan kunjungan kerja digitalisasi desa ke KIM Cibers,” pungkas Haer. (Achmad Zazuli).

 729 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.