Sindir Pelayanan RS Primaya, Aktivis Tangerang Bantu Donasi APD

Aktivis berikan bantuan donasi kepada RS Primaya. (Foto Dok. Istimewa)

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Kegiatan Koin Donasi dilakukan Forum Aktivis Tangerang Raya (FAKTA) untuk membantu pembelian APD Dokter di RS.Primaya Hospital Tangerang. Selasa (8/6/21).

Aksi donasi itu pun mendapat dukungan oleh para pengendara motor dan mobil yang berlokasi sisi lampu merah tepatnya di Tugu Adipura Kota Tangerang.

Iqbal Fadillah, Ketua Forum Aktivis Tangerang Raya (FAKTA) menuturkan Koin Donasi itu sebagai bentuk solidaritas sebagai masyarakat, bertujuan menghentikan biaya Alat Pelindung Diri (APD) untuk Dokter yang begitu tinggi dan dibebankan kepada para pasien.

Seperti yang dilakukan Rumah sakit swasta Primaya Hospital Tangerang, yang berlokasi di Jalan M.H Thamrin Cikokol.

“Hasil donasi yang kami dapat, langsung kami berikan kepada pihak RS. Primaya, Harapan kami pihak rumah sakit bisa segera menghapus biaya APD Dokter yang terlalu tinggi kepada para pasien. “Ungkapnya

Aksi pengumpulan koin donasi untuk pembelian APD dilakukan Forum Aktivis Tangerang Raya di Persimpangan Tugu Adipura Kota Tangerang. (Foto Supriyadi Ups)

Menurut aktivis yang tergabung dalam FAKTA, pembebanan biaya APD Dokter pada pasien adalah hal yang menyalahi aturan. Dan hal tersebut akan dilaporkan kepada pihak yang berwenang.

“Permasalahan segera akan kami laporkan kepada Badan Pengawasan Sengketa Konsumen (BPSK) Semoga tidak ada lagi Rumah Sakit Negeri dan swasta yang memberikan beban APD dengan harga yang cukup tinggi terhadap pasien.” Kata Iqbal.

“Kami juga meminta untuk Dinas Kesehatan Kota Tangerang, harus bertindak tegas dalam melakukan pengawasan kepada seluruh rumah sakit yang ada di kota tangerang. Bila perlu dinkes cabut izin operasional dan izin praktek dokter bila mendapati RS yang tidak menjalankan aturan Undang-undang. Jangan sampai terlihat adanya dugaan kongkalikong antara Pemerintah dan RS Swasta dalam kasus ini.” Tambahnya.

Di tempat terpisah, senada dengan Iqbal, menurut pengakuan salahsatu warga saat orangtuanya dirawat di RS Primaya bulan puasa lalu dikenakan biaya APD untuk Dokter sebesar Rp 200.000 dan juga biaya Swab Antigen bagi penunggu pasien.

“Setiap pasien rawat inap kena 200ribu,
Belum wajib antigen buat  yang nunggu pasien 195ribu dan bila ada pengunjung pasien, 200 ribu keterangannya buat APD dokter kalo visit (datang periksa-red), Jelas Waluyo warga Sawah Dalam, Pinang Kota Tangerang.

(Ups)

 614 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan