Satgas SDA Kecamatan Cilincing Pasang Turap Batu Kali

Jakarta MCNN – Satuan Tugas (Satgas) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing mengerjakan penurapan batu kali saluran terbuka (salter) sepanjang 120 meter lebar 2 meter dan kedalaman 2,2 meter di sisi selatan Jalan Arteri Marunda, RW 03 Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Jumat (9/10/2020)

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Cilincing, Cahyono Budi Setiawan menjelaskan, penggunaan turap batu kali tergolong lebih kuat menahan getaran karena banyak kendaraan besar yang melintas di Jalan Arteri Marunda.

“Saluran air ini menuju Kali Cakung Lama sisi utara. Kita juga membongkar inrit 4 perusahaan yang berada di area tersebut. Pengerjaan perbaikan saluran masih berlangsung dengan menurunkan 15 sampai 20 Satgas SDA Kecamatan Cilincing,” jelas Cahyono

Sejumlah peralatan yang digunakan seperti pacul, airman untuk bongkar inrit, AB whell untuk keruk lumpur saluran, karung dan 4 unit truk. Sedangkan konstruksi saluran turap batu kali di sisi selatan Jalan Arteri Marunda termasuk salah satu usulan musrenbang yang terealisasi.

“Upaya penanggulangan banjir harus ditangani bersama secara rutin. Masih ada 20% lagi kegiatan pengendalian banjir usulan musrenbang di wilayah Kecamatan Cilincing yang akan ditindaklanjuti dan membutuhkan kolaborasi dengan unsur terkait lainnya seperti pemerintah, swasta dan masyarakat,” ujar Cahyono.

Ia berharap, pembangunan turap batu kali di sisi selatan Jalan Arteri Marunda RW 03 Kelurahan Semper Timur dapat mengantisipasi genangan air yang kerap melanda area tersebut saat musim hujan.

“Langkah antisipasi genangan air di wilayah Kecamatan Cilincing juga melibatkan peran serta anggota PPSU Kelurahan dalam pembersihan saluran mikro melalui kegiatan gerebek lumpur dan sampah, sedangkan Satgas SDA akan menangani saluran makro. Kolaborasi penanggulangan banjir ini akan tetap berjalan. Setiap minggunya, kami menyiapkan seribu lembar karung untuk angkut lumpur,” tutupnya.

(Eko)

 18 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan