Satgas Covid-19 Sukabumi Rancang Aturan Kendali Wisata Lebaran

Sukabumi. MCNN – Saat ini Satgas Covid-19 mulai merancang sistem dan Aturan pengendalian wisata lebaran di wilayah Sukabumi khususnya pesisir pantai. Rencananya ada petugas khusus yang mengendalikan kerumunan, dimana petugas akan menyebar wisatawan yang terlalu padat di salah satu spot pantai atau alam terbuka di sepanjang pesisir Sukabumi.

Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan menegaskan hal tersebut saat memantau spot wisata di pesisir selatan Sukabumi, pada Sabtu (8/5/2021) bersama Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif dan Dandim 0622 Letkol Arm. Suyikno beserta jajarannya,
Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda mengecek pos pariwisata di Ruang Terbuka Hijau Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

“”Ini rangkaian kegiatan kita bagaimana antisipasi operasi ketupat di jajaran polda Jabar, salah satunya di Sukabumi ini, Sebagai upaya untuk antisipasi lonjakan wisata lebaran, terutama prosesnya 3M. Kita minta masyarakat yang tidak berkepentingan tidak usah keluar ikuti himbauan pemerintah tetap menjaga jarak, perhatikan protokol kesehatan,” kata Eddy kepada awak media.

Eddy juga menegaskan bahwa pemerintah tetap membuka lokasi wisata bukan berarti bebas, ada prokes ketat yang harus dilakukan oleh pengunjung dan pelaku usaha wisata. Di Jabar tegas Eddy saat ini tidak ada wilayah yang aman dan berstatus zona hijau, artinya potensi dan resiko penyebaran wabah masih ada dan tinggi.

“Untuk itu dalam tim gabungan satgas penanganan covid-19 nantinya akan menerapkan pola pengendalian wisata di pesisir pantai dengan melihat potensi kerumunan. Pola pengamanan untuk tempat wisata itu pengunjung tidak boleh lebih dari pada 50 persen, sebab Sukabumi ini termasuk zona kuning,” jelasnya.

” Nah nanti kalau sudah hampir mendekati 50 persen kerumumannya kita pecah, arus akan kita alihkan, ini kan ruang terbuka, akan kita alihkan dari mana saja pengunjung masuk akan kita alihkan sampai nanti tidak lebih dari 50 persen. Kalau ruang tertutup jelas ada pintu masuknya,” imbuh Eddy.

Dalam kesempatan ini, Wakapolda juga mengajak beberapa pedagang dan pelaku usaha wisata di sekitar pantai Citepus untuk bersama menjaga prokes, dalam kesempatan tersebut Wakapolda turut memberikan bantuan sembako kepada para pedagang yang selalu berjualan di sekitar Ruang Terbuka Hijau Citepus,” ajaknya.

(Achmad Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.