HTML5 Icon

Ribuan Buruh KSPSI Kepung PT. Surya Madistrindo

Tangerang, Cybernewsnasional.com -Ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja, kepung PT Surya Madistro , yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang. Kamis (31/10/2019).

Aksi solidaritas ini mereka lakukan karena diduga kuat Perusahaan tersebut telah melanggar Undang-Undang Ketenagakerjaan Tentang  yang dinilai sangat merugikan bagi kaum buruh.

Sesuai pantauan Media Cybernewsnasional. com, terlihat ratusan bendera berbagai ukuran, baner yang dilengkapi dengan tulisan-tulisan berupa tuntutan, terlihat semarak di depan mobil Komando yang didukung dengan sound dan pengeras suara yang membuat semaraknya aksi demonstrasi buruh KSPSI Di depan PT. Surya Madistrindo.

Dalam aksi tersebut buruh menuntut supaya management segera mencabut atau membatalkan surat mutasi pengurus serikat pekerja keluar jawa ( sorong Papua, Sulawesi ) dan tidak ada lagi tindakan intimidasi terhadap serikat pekerja, karena hal ini termasuk katagori pemberangusan serikat pekerja dan ada sangsi pidananya.

Aksi Buruh KSPSI Banten-Cybernewsnasional.com

Koordinator aksi KSPSI. Rustam Effendi, menegaskan, “Dengan dimutasinya ke. 14, karyawan pasca dibentuknya SPSI di dalam perusahaan tersebut, jelas ini penolakan secara halus dan secara tidak langsung menolak dengan adanya serikat pekerja,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan tuntutannya agar perusahaan mempekerjakan kembali pengurus di tempat semula dan jangan sampai terjadi lagi gara gara membentuk serikat pekerja mereka dimutasi keluar jawa.

Jika tuntutan kami tidak dipenuhi, maka kami akan tempuh jalur hukum pidananya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku  dan kita juga sudah ada itikad baik untuk negosiasi sampai dengan perusahaan pusat, namun dari pihak perusahaan tidak merespon,” tegas Rustam.

Rustam juga menjelaskan bahwa berdasarkan undang undang No. 21.Tahun, 2000, pengurus serikat itu tidak boleh dimutasi, boleh di mutasi kalau ada unsur pidananya.

” kita akan lakukan aksi setiap hari, selama satu minggu ke depan, sampai pihak perusahaan mau merespon atau memenuhi tuntutan kami,” tambahnya.

Aksi Buruh KSPSI-Cybernewsnasional.com

Sementara itu ketua DPD KSPSI, selaku penanggung jawab aksi. Dedi Sudarajat, S.H., M.H.,M.M., Kandidat Doktor menambahkan,

“Memang permintaan dari kita kan sudah jelas bahwa perusahaan diduga keras melanggar undang undang. 21, tahun 2000, karena di dipasal 28, diatur bahwa siapapun dilarang menghalang halangi dengan cara, salah satunya adalah mutasi. Jelas sekali, itu terjadi paska terbentuknya SPSI,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sesuai aturan setelah melakukan pencatatan, maka pihak pengurus serikat pekerja memberitahukan dengan cara menyerahkan surat pencatatan dari Dinas Ketenagakerjaan kepengurusan kepada pimpinan perusahaan, akan tetapi seketika itu juga dibalas dengan surat mutasi dan salah Satunya ketua serikat pekerja langsung dimuatsi ke luar Jawa.

Kesimpulannya adalah, jika tuntutan kita tidak dipenuhi maka kita akan perpanjang terus, kita juga tahu bahwa semakin kita lama demo dia juga rugi kok,” tutup Dedi.

(Vds)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: