Restocking ! Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Kembali Tebar Ribuan Benih Ikan

SUKABUMI, Cybernewsnasional.com  – Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi kembali melakukan kegiatan rutin restocking ikan di sungai. Kali ini lokasi pelepasliaran dilakukan di sungai daerah Desa Citarik dan Desa Pasirsuren Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Senin (06/05/2024).

Diketahui Restocking dalam bentuk pelepasliaran Ikan di sungai ini merupakan upaya melestarikan ikan dan melakukan penambahan stok ikan di alam.

Kepala Dinas Perikanan Nunung Nurhayati, S.Sos KP M.Si melalui Analis Pengelolaan Sumber Daya Ikan, Widya mengungkapkan rasa syukur usai pelaksanaan kegiatan tersebut.

 

“Alhamdulilah hari ini kita telah melaksanakan restocking atau pelepasliaran ikan di 2 desa, yaitu Desa Citarik dan Desa Pasirsuren Kecamatan Palabuhanratu. Restocking saat ini menjadi strategi jitu pemerintah untuk menjaga ketersediaan sumber daya ikan di perairan umum, seperti sungai, somang ataupun irigasi,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pelepasliaran ikan ini adalah salah satu bentuk kita untuk menambah stok ikan di alam dan juga salah satu akselerisasi penanganan stunting yang harapannya nanti ikan-ikan ini kalau misalkan tumbuh besar di sungai bisa menambah gizi masyarakat sekitar.

Adapun untuk jumlahnya, Widya pun menjelaskan bahwa untuk jumlahnya di masing-masing desa itu kita salurkan 3000 ekor benih ikan nilem, jadi totalnya 6000 benih ikan.

“Harapannya untuk pelepasliaran ini nanti bisa ditiru juga oleh desa ataupun masyarakat, bagaimana upaya kita untuk melestarikan ikan dengan melakukan penambahan stok ikan di alam,” harap Widya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Citarik Ujang Somantri melalui Sekertaris Desa (Sekdes) Yuspa Henri mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan sudah memberikan bantuan berupa benih ikan nilem sebanyak 10 kantong ke desa citarik yang berjumlah 3000 ekor.

“Alhamdulilah tadi kita sudah melakukan penebaran benih ikan ke sungai-sungai yang ada di wilayah Desa Citarik, khususnya di irigasi Citando, irigasi Ciwadani dan irigasi Citarik,” tuturnya.

Yuspa juga menghimbau kepada masyarakat supaya tidak ada yang menyetrum, mengecrik atau pun meracun ikan tersebut.

“Supaya ikan tersebut dapat berkembang biak di wilayah sungai tersebut, agar besar dulu ikannya. Setelah besar silahkan masyarakat boleh memancing ikan tersebut,” cetusnya.

Yuspa pun berharap mudah-mudahan kedepannya bisa bertambah lagi, ada bantuan-bantuan selain dari benih ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi.

“Mudah-mudahan ikan tersebut setelah besar bisa bermanfaat oleh masyarakat sekitar,” pungkasnya.

(A Zazuli)