Ratusan Buruh SPN Menggelar Aksi Solidaritas Depan PT. Yakjin Jaya Indonesia 2 Kadudampit

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Ratusan buruh Serikat Pekerja Nasional (SPN) menggelar aksi solidaritas di pabrik PT. Yakin Jaya Indonesia 2, Kadudampit Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (21/3/2023).

Diketahui dalam aksi buruh tersebut dipimpin langsung Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) SPS SPN Jawa Barat, dengan mempertanyakan PHK 200 karyawan termasuk 2 pengurus serikat buruh.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) SPS SPN Jawa Barat, Dadan Sudiyana dalam orasinya diatas mobil komando, menyampaikan beberapa hal.

“Kami menilai ini adalah sikap anti berserikat atau (union busting) dari manajemen pabrik yang mana dengan sengaja menyingkirkan dua pengurus PSP SPN di PT Yakin Jaya Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Koordinator aksi, Budi Mulyadi menjelaskan, keputusan perusahaan tiba-tiba memutus kontrak 2 buruh anggota SPN PT Yakjin Jaya Indonesia, ini patut dicurigai sebagai sikap anti berserikat dengan alasan mereka efisiensi biaya produksi.

“Padahal dalam waktu bersamaan ada sekira 800 orang buruh yang diperpanjang kontrak kerjanya, kami curiga ini union busting yang dugaan didasari atas beberapa alasan salah satunya diawali saat buruh memperjuangkan upah yang sudah bekerja diatas satu tahun, “Jelasnya

Budi menambahkan dari tindaklanjut pertemuan Perwakilan SPN dengan petinggi perusahaan, yakni Mr. Lee eltac selaku general manager, Lee Bok Sung manager factory, dan Sabil dari divisi komplainment.

“Perusahaan akan memberi keputusan kesepakatan pada hari Jumat 24 Maret 2023 terkait tuntutan SPN untuk mempekerjakan kembali Hendra dan Ahmad Yani di PT Yakjin Jaya Indonesia,” tutupnya.

Hadir dalam pengaman gabungan dari anggota Polsek Polres Sukabumi Kota diantaranya Polsek Kadudampit, Polsek Cisaat, Polsek Gunung guruh, Polsek Lembursitu, Polsek Warudoyong, Polsek Baros dan Polsek Cibeureum.

(Azhari M)