PUPR Banten Revitalisasi Situ Gede Tangerang, Normalisasi dan Potensi Wisata

Pengerukan tanah/lumpur endapan di Situ Gede Kota Tangerang. (Foto Cybernewsnasional.com)

KOTA TANGERANG, MCNN–Memasuki musim penghujan Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lakukan Revitalisasi beberapa situ di wilayah provinsi Banten, salahsatunya di Situ Gede yang berada di Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Situ Gede atau kerap dikenal masyarakat dengan danau Cikokol yang memiliki luas 54.000 M², ditargetkan dapat menampung curah hujan saat debit air meningkat.

Pekerjaan yang dianggarkan oleh pemerintah provinsi Banten sebesar Rp. 4,85 Milliar diharapkan dapat mengoptimalkan kembali fungsi Situ, sebagai tempat parkir air dan kawasan resapan air. Sehingga dapat mengurangi volume air permukaan (run off) yang tidak tertampung dan dapat menyebabkan banjir.

Pihak PT. Widya Pratama Perkasa (WPP), selaku pelaksana pengerjaan Revitalisasi Tahap I Situ Gede mengatakan pihaknya menargetkan lebih dari 6000 meter kubik lumpur endapan di Situ Gede dapat diambil dan selesai dalam waktu satu bulan.

“Kita ditargetkan dalam tahap satu ini selesai dalam waktu satu bulan kedepan dan menargetkan enam ribu kubik kita bisa angkut dari danau ini, selanjutnya lumpur ini kita pindahkan dan kita kumpulkan ke tempat lain di poris,” jelas Asrudin selaku Humas PT. WPP Senin (7/12/2020).

Pengerjaan pemasangan turab di sisi Situ Gede Kota Tangerang. (Foto Supriyadi Cybernewsnasional.com)

Selain pengambilan endapan lumpur, pihaknya berencana akan membuat jalan disisi danau yang direncanakan sebagai lintasan lari untuk sarana olahraga di sepanjang jalur danau yang saat ini sedang dikerjakan.

“Kita lakukan penuraban dengan batu di sisi danau, nanti setelah penuraban kita pasang Paving Blok untuk jalan, yang rencananya buat jogging track (Jogging track) yang bisa dinikmati masyarakat nantinya, di sisi jalan raya pun sedang dilakukan pengerjaan untuk taman” ujar Asrudin.

Senada dengan program Pemerintah Daerah Provinsi, Situ yang ada di provinsi Banten diharapkan Dinas PUPR selain menjadi wadah penampungan air. Setelah dilakukan Revitalisasi kedepannya dapat dinikmati sebagai tempat Pariwisata oleh masyarakat.

“Situ merupakan bentuk cekungan di daratan, jangan hanya menjadi tempat penampungan air saja, kita harapkan masyarakat dapat menikmati Situ tersebut dengan mengunjunginya, bukan hanya sekedar menikmati makanannya, tapi menikmati suasana alam Situ itu sendiri,” papar Kepala Dinas PUPR Banten saat menggelar Diskusi tentang manfaat dan pengelolaan Situ bersama komunitas peduli lingkungan di Banksa Suci  (27/11/2020).

Diskusi Temu Komunitas Peduli Sungai dan Situ bersama PUPR Provinsi Banten berlokasi di Banksa Suci. (Foto Supriyadi Cybernewsnasional.com)

Dalam kesempatan diskusi dengan para Komunitas tersebut, Dr. Ir. Mochammad Tranggono, M.sc, selaku Kepala Dinas PUPR Banten mengajak komunitas pecinta alam dan mahasiswa bagaimana mengelola Situ yang ada di provinsi Banten untuk dimanfaatkan dan dikelola sebagai aset pariwisata kedepannya untuk kepentingan masyarakat.

(Ups)

 740 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan