Presiden Buka Munas V Apkasi Secara Virtual, Bupati Sukabumi Mengikuti

Sukabumi. MCNN – Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo membuka Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang dilaksanakan secara virtual. Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami mengikuti acara tersebut dari Pendopo Sukabumi, Jumat (26/3/2021)

Masa bhakti kepemimpinan APKASI sebelumnya telah selesai. Munas V APKASI ini dilaksanakan untuk memilih kepemimpinan baru.

Dalam sambutannya, Presiden RI H. Joko Widodo memberi banyak penekanan kepada para Bupati terkait konsolidasi anggaran yang harus dilakukan agar RAPBD dilihat secara detail dan cermat dan perihal lain secara komprehensif.

Jokowi menyampaikan agar dibuat skala prioritas yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu, penganggaran harus fokus kepada hal yang dibutuhkan serta manajemen kontrol  pengawasan harus dilaksanakan intens.

“Penanganan pandemi covid – 19 jangan sampai lengah, tetap lakukan testing, tracing, dan treatment. Terutama di wilayah yang masih zona merah dan orange.” Kata Jokowi.

“Program vaksinasi pun harus dikawal secara detail. Pastikan proses vaksinasi berjalan cepat. Dahulukan pula di tempat yang interaksi dan mobilitasnya tinggi,” imbuhnya.

“Tidak kalah pentingnya, pemulihan ekonomi pun sangat penting. Oleh karena itu, program padat karya harus diperbanyak. Termasuk harus membantu pelaku UMKM. Setiap program yang ada, harus menggunakan produk lokal agar industri di dalam negeri begeliat dan tidak ada PHK terhadap karyawan,” tandas Jokowi.

Jokowi menandaskan di akhir bahwa ia menitipkan agar para Bupati melayani eksportir dan investor yang ada di daerahnya.
Karena kunci ekonomi Indonesia saat ini ada di ekspor dan investasi.

“Saya mengapresiasi dan berterima kasih telah membantu program pemerintah pusat sehingga semua terlaksana dengan baik,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut Marwan Hamami mengatakan bahwa selain pemilihan kepengurusan baru, munas ini untuk membuat arah dan tujuan organisasi dalam menjawab berbagai persoalan. Termasuk yang disampaikan Presiden H. Joko Widodo.

“Nanti setiap wilayah akan menyampaikan pemikiran -pemikirannya. Kabupaten Sukabumi masuk ke dalam wilayah barat. Kita pun akan menyampaikan pemikiran dalam memajukan wilayah,” terangnya.

Berkaitan beberapa penekanan yang disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutan, H. Marwan mengaku di Kabupaten Sukabumi telah berjalan. Baik masalah anggaran, skala prioritas, ataupun yang lainnya,” jelasnya.

(Achmad Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.