Pra Kongres MAPKB Sukses Gelar Kembali 9 Juni

Jakarta.Cybernewsnasional.com – Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) menggelar pra – kongres pada hari sabtu tanggal 12 Mei 2023, selanjutnya akan digelar kembali tanggal 9 juni sekaligus momen kebangkitan orang Betawai.

Ketua MAPKB H.Marullah Matali menyebut penyelenggaraan Pra-Kongres di Ecovention Hall, Ancol, hari ini sebagai hajatan yang sangat penting bagi orang Betawi. Sebab merupakan jawaban dan bentuk kearifan masyarakat Betawi dalam menyikapi dinamika yang berkembang selama ini.

Namun dengan banyak dinamika termasuk rentetan peristiwa yang berusaha memecah belah orang Betawi kata Marullah Matali saya bangga orang Betawi masih gigih berusaha mempertahankan prestise dan marwah kaumnya, dengan menghadiri Pra-Kongres MAPKB,” tutur Marullah.

Oleh karena itu dia menjelaskan, pemerintah saat ini sedang membahas UU Daerah Khusus Jakarta.

” Yang kita inginkan berhasil masuk dalam Rancangan Undang-Undang (RUU). Mudahan-mudahan nantinya masuk juga menjadi Undang-Undang, walaupu nanti Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota, saya yakin Betawi akan makin bersinar,” kata Marullah

Diketahui pra – Kongres yang hadir yakni, Ketua MAPKB H.Marullah Matali didampingi oleh Ketua Steering Committee H. Zainuddin MH, S.E yang juga Ketua Umum Bamus Suku Betawi 1982, Ketua Organizing Committee H. Riano Ahmad yang juga Ketua Umum Bamus Betawi, sesepuh Betawi H. Eddie Marzuki Nalapraya, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Juaini, Ketua Umum Forum Komunikasi Anak Betawi (FORKABI) Mohammad Ihsan, dan Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR) KH. Lutfi Hakim.

Kemudian rencana dalam sidang tanggal 9 juni 2023 ada beberapa pembahasan diantaranya, rancangan keputusan Ketetapan Adat MAPKB tentang Kaidah Kelembagaan Adat MAPKB, Rancangan Keputusan Ketetapan Adat MAPKB tentang Kaidah Kepemimpinan Adat MAPKB, serta Rancangan Ketetapan MAPKB tentang Rekomendasi Majelis Kaum Betawi.

Di akhir acara Pra-Kongres, Ketua Panitia Riano P. Ahmad menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mensukseskan perhelatan ini. Meski sidang-sidang di tiga Komisi sempat berlangsung alot, namun semangat untuk menghasilkan yang terbaik tetap tinggi.

” Seperti disitir berulangkali selama pelaksanaan Pra-Kongres oleh Ketua MAPKB: “Kalau Mau Maju, Betawi Harus Bersatu”. Frasa yang seolah jadi mantera yang menguatkan hati,” tutup ketua panitia pra kongres.

Penulis : Eko

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.