Polres Tangsel Adakan Simulasi Pengamanan Kotak Suara Pilwalkot

Tangsel, MCNN – Polres Tangsel dibantu dari TNI adakan Simulasi pengamanan atau pengawalan kotak suara Pilwalkot pada Pilkada 2020 sebagai bentuk kesiapan.

Pelaksaan ini nantinya bentuk kesiapan di lapangan, dengan tujuan Pilkada 2020 agar berjalan dengan aman dan lancar.

Kegiatan simulasi pengawalan dan pengamanan kotak suara, dilakukan di Halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertempat di Kantor KPU Kota Tangsel Jl. Raya Puspiptek Kp. Cadas Mapar Kelurahan Setu Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan pada Rabu (22/07/2020) Pagi.

Kabag Ops Polres Tangerang Selatan AKP Yudi Permadi, SS., S.I.K dalam sambutan apelnya mengatakan dengan simulasi ini kepada rekan-rekan dapat terbiasa agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Tujuan simulasi pengamanan kotak suara ini merupakan suatu bentuk kesiapan TNI Polri dalam mengamankan jalannya pilkada nanti.

” Kita melaksanakan simulasi ini adalah untuk menumbuhkan semangat dalam pelaksanaan pilkada. Pilkada saat ini agak berbeda dengan pilkada yang lalu karena dalam masa Pandemi Covid 19, namun demikian kita harus tetap melaksanakan protokol kesehatan. Semoga kegiatan Pilkada nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar,”Kabag Ops Polres Tangsel.

Selaku Kordinator atau pelaksanaan pengamanan dan pengawalan dilakukan oleh Kasat sabhara II Sutasman dibantu oleh lebih kurang 60 personil Polri-TNI dan dibantu juga dari jajaran Polsek Cisauk.

Adapun rangkaian simulasi pengawalan kotak suara dilakukan dengan kegiatan diawali Apel Kesiapan dpp AKP Yudi Permadi, SS., S.I.K. (Kabag Ops), didampingi AKP II Sutasman, SH (Kasat Sabhara Polres Tangsel, AKP Rolando VA Hutajulu (Kapolsek Cisauk), Bambang Dwitoro (Ketua KPU Tangsel, Iptu Istiamin (Wakapolsek Cisauk), Pelda Pasrah Hadi (Bati Hanmil 03/Srp) serta para Komisioner KPU Tangerang Selatan
serta dihadiri personil yang terlibat berikut kendaraan dinas dan perlengkapan masing-masing.

Adapun beberapa tahapan pertama dalam pengamanan dan pengawalan yaitu pengawalan dari Gudang KPU – PPK

Kemudian pengawalan kotak suara yang dimulai gudang KPU dikawal menuju ke salah satu gudang PPK yang dipimpin Kasat Sabhara, dengan susunan rangkaian pengawalan sebagai berikut
– KR lantas
– 3 unit Motor Raimas
– KR Patko
– Truk kotak suara
– KR double kabin Raimas
– 2 unit Motor Raimas
– KR lantas

Sedangkan untuk tahapan kedua (Pengawalan dari Gudang PPK – PPS),
yang selanjutnya dari gudang PPK dikawal menuju ke Gudang PPS dipimpin Kanit Sabhara Polsek, dengan susunan rangkaian pengawalan
– KR Sedan Polsek
– 3 unit motor Raimas
– Truk kotak Suara
– KR double cabin Raimas
– 2 unit motor Raimas
– 3 unit motor Bimas dan Babinsa

Untuk ahapan ketiga (Pengawalan Gudang PPS – TPS), dari gudang PPS selanjutnya diarahkan ke TPS – TPS wilayah dengan pengawalan dipimpin Kanit Bimas Polsek setempat, dengan susunan rangkaian pengawalan Sbb :
– 2 unit motor Bimas dan Babinsa
– 3 unit motor Raimas
– Truk kotak Suara
– 2 unit motor Raimas
– 2 unit motor Bimas dan Babinsa

Dalam setiap kegiatan perpindahan kotak suara personil wajib melakukan protokol kesehatan seperti
– Personil wajib cuci tangan.
– Menggunakan sarung tangan.
– Menggunakan masker
– Melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kotak suara.

Skenario pengawalan kotak suara pemilu yang dilaksanakan oleh Polres Tangsel sebagai bentuk kesiapan dalam rangka Pilwalkot Kota Tangerang Selatan Tahun 2020.

Adapun teknis pada saat pengambilan kotak suara digudang KPU dilakukan oleh pihak KPU dan dikawal oleh anggota Raimas.

Sebelum dilakukan pengambilan kotak suara, terlebih dahulu dilakukan penyemprotan cairan Disinfektan.

Setelah dilakukan penyemprotan kotak suara baru kotak suara dipindahkan ke mobil box dan dilakukan penyemprotan kembali terhadap kotak yang ada di dalam mobil box.

(Ind)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.