Polres Mateng Siap Laksanakan Pengamanan Menjelang Tahun Baru 

MATENG, MCNN – Dalam rangka tahun baru 2021. Polres Kab. Mamuju Tengah ( Mateng ) Prov. Sulawesi barat menggelar rapat koordinasi ( Rakor ) lintas sektoral dalam kesiapan operasi lilin Siamasei 2020.

Rakor yang di gelar dipimpin langsung oleh Kapolres Kab. Mamuju Tengah AKBP Muhammad Zaky, mengatakan, pelaksanaan operasi lilin Siamasei 2020, berbeda dengan pelaksanaan di tahun sebelumnya.

Dalam Sambutan yang di sampaikan oleh Kapolres Mateng bahwa “ Pada tahun ini akan dilaksanakan Operasi Lilin Siamasei tahun 2020 dengan Tujuan untuk Mengamankan Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan suasana yang berbeda ditahun sebelumnya.

“Dia juga katakan saat ini masyarakat mengalami masa pandemi Covid – 19. Sehingga masyarakat luas di mamuju tengah termasuk petugas agar menerapkan protokol kesehatan. Selain itu tidak diperbolehkan melakukan pesta musik ataupun membuat pertunjukan yang bisa mendatangkan banyak orang.

“ Mengingat kita berada di masa Pandemi Covid-19, sehingga diharapkan agar bisa bersama-sama menerapkan Protokol Kesehatan yakni Tidak adanya kerumunan masyarakat pada saat pergantian tahun 2020 ke tahun 2021, tidak dibenarkan membunyikan petasan dan kembang api serta musik yang bisa mendatangkan kerumunan orang banyak,” harapnya Kapolres Mateng.

“Harapan bersama pelaksanaan Operasi Lilin Siamasei – 2020, nantinya bisa berjalan secara efektif , aman terkendali dan sehat sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Lanjut, Kabag Ops Polres Mamuju Tengah AKP Rigan Hadi Nagara dalam tambahan penjelasannya mengatakan, bahwa rencana pelaksanaan Operasi Lilin Siamasei – 2020 yang akan digelar selama 15 hari terhitung mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Lebih lanjut ia katakan terkait pengamanan gereja, objek wisata dan tempat berkumpulnya masyarakat serta arus lalu lintas kendaraan mudik libur natal dan tahun baru. Kerawanan yang mungkin timbul terkait kegiatan natal dan tahun baru. Selain itu, dijelaskan tentang langkah antisipasi gangguan Kamtibmas dan pencegahan Covid-19.

“ Bagi umat Kristiani, yang merayakan Ibadah Natal di Gereja, akan kita dukung penuh pengamanannya. Tetapi mempedomani Prokes yakni menggunakan masker, membatasi kumpulan jamaah dan menjaga jarak serta mencuci tangan saat masuk kedalam Gereja,” jelasnya

Rakor yang digelar kali ini dihadiri, oleh Wakapolres Mamuju Tengah Kompol Ramli, SH, M.Si, Kepala BPBD Awaluddin, Kepala Dinas Perhubungan Sigit Dwi Hastanto, Kadis Satpol – Damkar Drs. H. M. Samsir, Dinas Kesehatan Irwanto, Danpos Tobadak Abd. Rasyid, Kominfo H. A. Gapri, Kabag Ops AKP Rigan Hadi Nagara, S.I.K, Para Kasat, Kapolsek dan para Pendeta.(Amg/Kml).