Pokdarwis Kabupaten Sukabumi Meriahkan Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno di Gumeulis

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kabupaten Sukabumi ikut menyemarakkan UMKM pada Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno di Gerai UMKM asli Sukabumi (Gumeulis) Desa Karang tengah Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Sabtu (24/09/2022).

Diketahui, Pokdarwis sebagai suatu kelompok lokal terdiri atas para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggungjawab untuk menjamin pelaksanaan desa wisata.

 

Menjadi kelompok yang bergerak secara swadaya yang melakukan pengembangan kepariwisataan berdasarkan potensi lokal dan kreativitas yang dimiliki oleh masing-masing Desa.

Salah satu Ketua Pokdarwis bernama Dewi yang mewakili Pokdarwis Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Simpenan mengatakan, pokdarwis Kecamatan Simpenan telah berdiri pada tanggal 21 November 2021 dan dikukuhkan 26 Desember 2021 yang beranggotakan 40 orang.

Ia menuturkan, nama Pokdarwisnya Puncak Rindu Titik Plato Jampang yang bermotto Aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, indah kenangan. Pokdarwis sapta pesona kelompok sadar wisata keren luar biasa.

“Kegiatan ini yang didalamnya ada UMKM juga prodak lokal hasil dari pertanian di produksi menjadi makan-makan tradisional, dan program kedepan ingin dimunculkan dari kegiatan wisata itu ingin membikin plying pop, camping ground, wisata off road, seni budaya dan lainnya, mudah-mudahan dengan adanya fokdarwis bisa meningkatkan ekonomi dan bermanfaat yang lainnya,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pokdarwis korwil wilayah 7 dapil 5, Neneng Barokah yang karib dipanggil Bunda Mutiara mengungkapkan, kelompok sadar wisata ini isinya sebagai penggerak sadar wisata sehingga masyarakat harus sadar ke wisata. Pokdarwis ini SK melaui Gubernur dan Bupati sehingga setiap destinasi wisata yang ada di Desa SK-nya dari Pokdarwis Kabupaten tentunya Pokdarwis sendiri bukan hanya ada di Kabupaten Sukabumi saja tetapi sudah Nasional bahkan ada yang masuk internasional yaitu Destinasi wisata hanjeli,” pungkasnya.

(Azhari M)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.