Plt RW 08 Prakarsai Kerja Bakti Lingkungan di Wilayah Kelurahan Cimone Jaya

Kota Tangerang, MCNN – Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah dan bau yang tidak sedap. Seperti halnya kerja bakti yang dilakukan warga RT.01, 02, 03, 04, dan 05 / RW 08, Kelurahan Cimone Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Kerja bakti tersebut didukung juga oleh satgas muda dari RT 02, Staff Kelurahan, Babinsa, Bhinamas dan Mahasiswa Budi Luhur yang akan melaksanakan KKN di wilayah RW 08, Minggu (27/12/2020).

Kerja bakti tersebut di komandoi oleh Plt RW 08 Sunardi yang akrab disapa dengan panggilan Waka. Ia menjelaskan, lingkungan yang sehat, maka kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti virus corona, demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya. “Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita,” tutur Waka sapaan akrabnya, kepada awak media.

Sunardi menambahkan, kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan rumah dan tempat kita bekerja. Untuk kebersihan lingkungan di sekitar rumah, kita lakukan dengan membersihkan halaman dan rumah. Mari biasakan diri dengan pola hidup bersih. Sampah yang dihasilkan rumah tangga selanjutnya kita pilah menjadi tiga, sampah organik, sampah non organik dan sampah botol atau pecah belah. Dengan pemilahan jenis sampah ini akan sangat bermanfaat, sampah organik bisa kita jadikan kompos sehingga bermanfaat untuk menyuburkan tanah dan tanaman. Sampah non organik bisa kumpulkan dan dijual ke pengepul untuk didaur ulang sehingga memberikan nilai lebih.

Sementara itu untuk tempat kerja, ciptakan suasana ruang kerja yang bersih, rapi dan indah sehingga kita nyaman dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Perlu juga diatur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan kantor,” tambahnya.

Sunardi berharap kepada masyarakat di wilayah RW 08, ada hal yang tidak kalah penting adalah menanam tanaman. Tanaman mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai penyaring debu, penyimpan air tanah, penyejuk dan pendingin alami. “Selain itu tanaman juga dapat dijadikan sebagai taman yang akan memberikan suasana asri dan indah lingkungan sekitar kita.Dengan adanya pohon yang rindang, taman yang asri, otomatis kita akan menjadi nyaman dan betah di rumah maupun di kantor dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” tutupnya. ***(Asp/Red)

 420 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan