Peringati May Day 2022, Keluarga Besar KSPSI Banten Gelar Halal Bihalal

TANGERANG,Cybernewsnasional-Keluarga besar Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Banten tidak ikut demo ke Jakarta, Tetapi merayakan May Day 2022 dengan acara halal bihalal.

Acara halal bihalal dan hari buruh internasional tersebut berlangsung di Sekretariat DPD KSPSI Provinsi Banten di kawasan Cikokol, Kota Tangerang, Sabtu 14 Mei 2022.

Acara yang dipimpin Ketua KSPSI Provinsi Banten Dedi Sudarajat,S.H.,M.H.,M.M tersebut menghadirkan Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan dan Kapolsek Tangerang Kompol Suroto.dan Para pengurus Serikat lainnya.

“Ya hari ini ada dua acara yang memang momentumnya berbarengan. Pertama peringatan May Day sekaligus halal bihalal. Karena 1 Mei hari buruh internasional dan 2 Meinya Idul Fitri,” ujar Dedi Sudarajat.

Dedi Sudarajat, S.H.,M.H.,M.M mengatakan, Alasan diperingatinya May Day karena sampai dengan tahun 2022 ini para pekerja menikmati hasil perjuangan dari serikat buruh di Amerika Serikat pada tahun 1886.

“Karena pada saat itu di Amerika Serikat terjadi gelombang protes luar biasa terutama masalah pengurangan jam kerja. Pada saat itu jam kerja 16 jam. Demo saat itu meminta pengurangan menjadi 8 jam. Jadi, sampai hari ini kita menikmati hasilnya,” katanya.

Meski menikmati hasil pengurangan jam kerja menjadi 8 jam, kata Dedi, kondisi ketenagakerjaan saat ini di Indonesia sangat memperihatinkan setelah terbitnya UU Omnibus Law klaster ketenagakerjaan.

“Karena kita tahu di dalamnya itu mendegradasi kesejahteraan buruh terutama pengupahan. Dua tahun terakhir terkait pengupahan kita merasakan imbasnya,” ucapnya.

Dedi menambahkan, pihaknya hari ini tidak mengikuti aksi demo dalam peringatan May Day 2022 di Jakarta. Namun akan digelar pada waktu yang akan datang.

“Untuk turun ke jalan sedang disiapkan DPP. Yang pasti kita tunggu instruksi DPP. Hari ini kita enggak ikut karena hari ini tidak ambil bagian ke sana. Karena kami akan turun ke jalan sendiri,” jelasnya.

Dedi Sudarajat berharap, perjuangan serikat buruh bisa meningkatkan dan menjami kesejahteraan para pekerja.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan mengucapkan terima kasih kepada KSPSI Banten karena telah menyelenggarakan kegiatan peringatan May Day 2022 yang dikemas dengan acara silaturahmi halal bihalal.

“Karena dengan ini meminimalisir berkerumunnya masyarakat sehingga acara ini juga tidak mengurangi rasa hikmah,” ucapnya.

Menanggapi terkait kenaikan upah, kata Ujang, memang laju pertumbuhan ekonomi saat ini sedang naik, tetapi masih di bawah standar jika dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19.

“Tetapi dengan terus bergerak laju pertumbuhan ekonomi ini diharapkan dari formulasi yang ada dalam regulasi kita juga sebenarnya tetap memfasilitasi kenaikan upah buruh ini,” katanya.

Kapolsek Tangerang Kompol Suroto menambahkan, pihaknya mengapresiasi acara May Day 2022 yang dikemas dengan halal bihalal.

“Jadi mereka tidak ikut berangkat May Day di Jakarta, jadi bagus mengadakan kegiatan yang sifatnya silaturahmi diisi dengan acara halal bihalal. Supaya ke depannya tidak perlu harus pergi kemana-mana,” pungkasnya. (Angga)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.