Peringati Hari Lingkungan Hidup, LSM Dampal Jurig Jabar Bersama Stakeholder Hijaukan Bumi Pajampangan.

Peringati Hari Lingkungan Hidup, LSM Dampal Jurig Jabar bersama Stakeholder Hijaukan Bumi Pajampangan.
Peringati Hari Lingkungan Hidup, LSM Dampal Jurig Jabar bersama Stakeholder Hijaukan Bumi Pajampangan.

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (LSM Dampal Jurig) Jawa Barat bersama beberapa stakeholder hijaukan bumi Pajampangan dalam rangka peringati Hari Lingkungan Hidup Indonesia.

Aksi Peduli Lingkungan dengan menanam ribuan pohon di Bukit Mataram Puncak Buluh, Bukit Cisujen Gunung Patat, Karang Bolong, Pasir Piring dan beberapa titik lain di Jampang Kulon (Pajampangan) Kabupaten Sukabumi, Senin (17/01/2022).

Stake Holder dari OKP dan Ormas yang turut bersama LSM Dampal Jurig Jabar melaksanakan aksi penghijauan adalah PK KNPI, Karangtaruna, Pramuka dan para pelajar. Selain itu didukung Muspika Kalibunder bersama masyarakat sekitar.

Acara bakti sosial peduli lingkungan yang juga bersamaan dengan peringatan Hari Menanam Satu Juta Pohon tersebut diisi dengan kegiatan penghijauan berupa penanaman 2000 pohon secara bertahap dari titik ke titik yang sudah ditentukan.

Jenis Pohon Yang ditanam adalah pohon produktif buah-buahan seperti nangka, manga, petai, sirsak, Jengkol, Jambu Biji, Belimbing, Alpukat, Rambutan serta beberapa jenis tanaman konservasi Dari Jenis pohon Sengon, Katapang, Kencana, Trembesi, Kepuh, Sakura serta Mahoni.

Peringati Hari Lingkungan Hidup, LSM Dampal Jurig Jabar bersama Stakeholder Hijaukan Bumi Pajampangan.
LSM Dampal Jurig beserta stakeholder dalam penghijauan

Ketua LSM Dampal Jurig, Irvan Azis menegaskan, dengan mengusung tema “Balik Ka Alam” Ia Mengajak semua pihak untuk terus peduli terhadap alam dan lingkungan hidup.

“Selama ini Dampal Jurig merupakan gerakan murni penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam serta tak ada unsur  apapun,” tegas Irvan.

Ketua LSM Dampal Jurig juga mengungkapkan, selama ini anggaran dan biaya operasional adalah dari uang kas pribadi, bukan dari bantuan dinas pemerintah maupun perusahaan manapun.

“Kegiatan yang selama Ini kami lakukan adalah ikut membantu mewujudkan Program Gubernur Jabar Gerakan Menanam 50 Juta Pohon Untuk Jabar Juara,” ungkapnya.

Banyak manfaat dari gemar menanam pohon, pertama dapat menjaga ketahanan pangan dan menambah ekonomi masyarakat dari hasil pohon produktif buah-buahan yang ditanam. Kedua, bisa mencegah terjadinya bahaya bencana alam longsor, banjir dan bencana lain, demikian dikatakannya.

“Untuk memenuhi pengadaan bibit pohon untuk ditanam, Lsm Dampal Jurig Jabar selama ini bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Citarum Ciliwung, Persemaian Permanen Cimanggis Depok dan Persemaian Dramaga Bogor serta Persemaian Palabuhanratu. Kami berharap agar Persemaian Palabuhanratu bisa dipertahankan, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi khususnya,” pungkas Irvan. (Achmad Zazuli).

 452 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.