Penemuan Diduga Situs Purbakala Hebohkan Warga Gunungguruh

Penemuan diduga Situs Purbakala Hebohkan Warga Gunungguruh
Penemuan diduga Situs Purbakala Hebohkan Warga Gunungguruh

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Warga Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi kembali dihebohkan penemuan yang diduga situs Purbakala atau Prasejarah di Gunung Kangkangreng yang juga biasa disebut Gunung leuit Salawe Jajar. Gunung dengan situs tersebut terletak di Desa Sinaresmi Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

Masih banyak teka-teki atas kemunculan situs yang diduga peninggalan prasejarah tersebut. Penemuan tersebut muncul saat warga setempat membuka lahan pertanian (Kebun). Saat melihat penampakan batu berbentuk unik dan dinilai aneh, warga semakin penasaran dan menggali dengan alat seadanya.

Udin (57) warga Kampung Padaraang Rt 03/13 Desa Sirnaresmi Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, membenarkan adanya bebatuan yang mirip dengan ukiran atau struktur bagunan. Berita ini menjadi viral di lingkungan kawasan kecamatan Gunungguruh tersebut dan wilayah kabupaten Sukabumi.

“Batuan yang ditemukan berbentuk sejenis alat Rumah tangga seperti bentuk teko, peci,setrikaan dan bentuk kuda, seingat saya penemuan itu sekitar tahun 1976 an, saat itu saya masih muda. “ungkapnya.

Iptu Didin Waslidin Kapolsek Gunungguruh Saat di konfirmasi awak media membenarkan adanya situs tersebut atas dasar laporan dari kepala Desa Sirnaresmi. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut penelitian dari pihak dinas terkait dan Badan Penelitian Cagar Budaya (BPCB).

“Semoga saja dengan adanya berita ini, para pihak dapat memecahkan teka – teki terkait penemuan situs tersebut. Dan diharapkan rasa penasaran warga masyarakat selama ini bisa menjadi daya tarik wisata alam yang mengandung nilai Prasejarah serta kearifan lokal nusantara,” pungkasnya. (Achmad Zazuli).

 659 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.