Pencipta lagu Syam Permana Akan Gugat Royalti Atas Lagu Ciptaannya.

Sukabumi. MCNN – Seniman Syam Permana Pencipta Lagu dari Sukabumi menggugat Royalti
Syamsudin alias Syam Permana (60 tahun), seorang pencipta Lagu dangdut populer era 90-an asal Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan menggugat dan meminta Royalti atas karya-karyanya. Syam dibantu oleh kuasa hukumnya, Anggi Triana Ismail.

“kami akan memperjuangkan hak Syam untuk memperoleh Royalti atas lagu-lagunya dan berencana mengajukan somasi ke beberapa badan usaha dan artis dangdut yang menggunakan lagu karya Syam dengan cara mengkomersialkannya. ” ungkap Anggi kepada Awak media.Sabtu (20/02).

“Berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, Syam Permana memiliki hak eksklusif atas buah karya yang telah diciptakannya.Upaya yang telah kami tempuh saat ini adalah membuat surat undangan ke beberapa artis dan badan usaha, karena hal ini tepat untuk kami sikapi secara hukum,” ujar Anggi.

Diketahui, Syam Permana telah menciptakan ratusan karya seperti lagu Benalu Cinta yang dinyanyikan oleh Imam S Arifin, Belum Sembuh oleh Meggy Z, Terima Kasih oleh Inul Daratista, Merana oleh Hamdan ATT, Surga Jadi Neraka oleh Ine Shinty dan masih banyak lagi lagu karyanya.

“jika dihitung seluruh lagu ciptaannya, berjumlah 102 lagu, Itu dibawakan oleh artis tadi yang saya sebut, karya Syam Permana ini lagunya ada juga yang dinyanyikan oleh Joni Iskandar dan Soneta,” kata Anggi menambahkan.

Namun “manisnya hidup” atas ratusan buah karya yang melambungkan nama dan menaikkan taraf hidup para artis itu, tidak dirasakan oleh Syam. Sejak merantau ke Jakarta, Syam hanya berpindah-pindah kontrakan.

” Syam Permana kini harus menelan kepahitan hidup di tengah industri musik, sedangkan artis dangdut kian melambung tinggi berkat menyanyikan lagu ciptaannya, Pas krisis moneter dia terpaksa pulang kampung dan kini hampir 10 tahun jadi pemulung,” Pungkas Anggi.

(Azhari Muchtar).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.