Pemkot Jakut Sosialisasi Penerapan Jadwal Waktu Aktivitas Truk Kontainer

Jakarta. MCNN – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melakukan sosialisasi uji coba penerapan jadwal waktu aktivitas truk Kontainer di Jalan Plumpang Semper, Rabu (24/3). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk terselenggaranya kepentingan masyarakat luas pengguna jalan agar dapat berlalu lintas secara aman dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan sosialisasi yang dilakukan adalah jalan mencari solusi dan menjawab keluhan masyarakat.

“Dengan sering terjadinya kemacetan dan trauma masyarakat karena sering terjadi kecelakaan saat beraktivitas berbarengan dan sejalan dengan angkutan berat kontainer dan truk-truk tonase besar,” katanya.

Ali menambahkan dengan adanya uji coba ini diharapkan masyarakat dan juga stakeholder (pemangku kepentingan) mengetahui jam-jam lintas kendaraan-kendaraan berat.

“Pada Jalan Raya Plumpang sampai dengan Simpang Lima Semper Kecamatan Koja dilarang melintas pada pagi hari pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB – pukul 21.00 WIB,” terangnya.

Ali mengungkapkan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara ini sudah melewati kajian yang dalam.

“Hal ini sudah dipertimbangkan oleh tim. Penyesuaian dilakukan untuk mendukung semua pihak. Kita terus mengakomodir kepentingan dari Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pusat roda ekonomi dan juga kenyamanan, keamanan dan ketenangan masyarakat dalam beraktivitas,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan kegiatan ujicoba akan dilakukan selama sebulan, dan seterusnya akan dilakukan evaluasi, kemudian akan dilakukan kebijakan kembali dengan perpanjangan ujicoba atau dilakukan pengaturan secara permanen, ujar Harlem.

” Kendaraan yang dilarang melintasi jalur ujicoba adalah kendaraan truk atau trailer yang mempunyai berat diatas 8 ton, dan untuk mengawasi kami akan menurunkan anggota kami di ujung jalan Plumpang, di simpang Semper ,” tambahnya

Dalam sosialisasi uji coba penerapan jadwal waktu aktivitas truk Kontainer ini, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim yang didampingi Wakil Wali Kota Juaini, Dandim 0502, Kolonel Infantri Roynald Sumendap, Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Sunardi dan Anggota Dewan Kota Jakarta Utara, semua hadirin yang sempat membagikan karangan bunga dan selebaran pada supir kontainer sebagai bentuk dukungan tetap berjalannya aktivitas kendaraan berat di Jakarta Utara.

(Eko)