Pemkab Pringsewu, Peringati HUT Damkar dan Penyelamatan ke-101

Pringsewu, MCNN – Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-101, sekaligus HUT Provinsi Lampung ke- 56 tahun, tingkat Kabupaten Pringsewu diperingati dalam suatu upacara yang digelar di lapangan Pemkab setempat, Selasa (17/3/2020).

Turut menghadiri upacara HUT Damkar dan Penyelamatan serta HUT Provinsi Lampung dengan inspektur upacara Bupati Pringsewu H. Sujadi, didampingi Wakil Bupati Pringsewu DR, H. Fauzi, beserta jajaran pemerintah daerah dan muspida serta instansi vertikal lainnnya, serta diikuti Aparatur Sipil Negara, TNI- Polri, anggota Damkar dan TRC dari BPPD setempat, anggota Indonesian Escorting Ambulance (IEA) serta sejumlah ormas.

Sejarah singkat berdirinya Provinsi Lampung dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Pringsewu Hj. Mastuah dan Sejarah Pemadam Kebakaran dibacakan oleh Sekretaris Daerah Drs. A. Budiman PM., MM, serta pembacaan UUD 1945 oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Andi Wijaya, ST, MM.

Sedangkan bertugas sebagai perwira upacara yakni Kepala Pelaksana BPBD Pringsewu Edi Sumber Pamungkas, S.Sos., MM, dan komandan upacara Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Drs. Ananto Pratikno, MM.

Pada kesempatan tersebut juga digelar atraksi dan simulasi penanggulangan bencana kebakaran dan penyelamatan oleh BPBD Kabupaten Pringsewu.

Membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri RI, H. Tito Karnavian, Bupati Pringsewu mengatakan peringatan HUT Damkar dan Penyelamatan ke-101, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

“Peringatan ini membawa pesan kepada seluruh masyarakat serta bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya mendukung terwujudnya visi misi pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Terkait HUT Provinsi Lampung ke-56, Bupati Pringsewu yang juga membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung H. Arinal Djunaidi, mengatakan peringatan HUT Provinsi Lampung merupakan wahana untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif selama perjalanan kurun waktu kebelakang.

Oleh karena itu, segenap keberhasilan yang telah dicapai akan terus dipertahankan dan ditingkatkan, sedangkan program yang belum tercapai haruslah menjadi sumber inspirasi bagi semua untuk terus bersama-sama bekerja keras.

“Melalui HUT Provinsi Lampung ke-56, mari kita bangun komitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan kekompakan dan menciptakan suasana damai, membangun sinergitas antara Pemerintah Pusat, provinsi dan kabupaten atau kota, dengan harapan seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan atas kebijakan dan program pemerintah. Hal ini sejalan dengan tema HUT Provinsi Lampung saat ini yaitu, Membangun Sinergi Mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya,” tegasnya.

Sementara itu terkait merebaknya wabah Virus Corona, Bupati Pringsewu H. Sujadi meminta seluruh Aparatur Sipil Negara untuk tidak perlu cemas dan takut, tetap mengikuti arahan dan instruksi dari pemerintah pusat, dan tetap bekerja untuk melayani masyarakat.

“Saya (Bupati-red) meminta Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pringsewu untuk dapat melaksanakan tugas yang sudah diamanatkan. Mari kita ciptakan Pringsewu yang aman dan kondusif. Kita harus lebih takut kepada yang membuat Corona dari pada takut kepada Corona,” tutupnya. (Eprizal)

 59 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan