Pemdes Cicantayan Laksanakan Kegiatan Pelestarian dan Penghijauan DAS Tahun 2022

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Pemerintah Desa Cicantayan melaksanakan kegiatan penyuluhan untuk pelestarian dan penghijauan Daerah Aliran Sungai (DAS) tahun 2022 di Aula Kantor Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Kamis (22/09/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Forkonpincam, Kades Cicantayan, Panit Binmas Polsek Cibadak, Danpos Koramil 0711/ Cibadak, para RW dan RT Se-Desa Cicantayan serta Karang taruna Desa.

Staff Kesejahteraan sosial ( Kesos ) yang mewakili Kepala Desa Cicantayan Yukma Wijaya memaparkan, pihaknya sedang melaksanakan pelestarian dan penghijauan daerah aliran sungai ( DAS) seperti yang diinstruksikan oleh Gubernur melaui surat edaran yang edaranya setahun yang lalu dan baru terjawab hari ini.

“Tentunya sumber ini dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dimana waktu itu ibu lilis yang jadi penyuluhnya bahwa pak gubernur mengintruksikan supaya tiap Desa mengalokasikan untuk kegiatan konservasi dan pelestarian dan penghijauan aliran sungai,” ucapnya.

Lanjut Yukma mengungkapkan, mengenai penanaman pohon kita simbolis dulu disatu titik meskipun di Desa Cicantayan ini ada 5 titik salah satunya Kedusunan Cantayan, Pasir pogor, Kemang, Cijati dan Cihaur kemudian pohon yang tanam ada balsa, rasamala dan ada trembesi yang fungsinya untuk menghasilkan air sehingga daerah aliran sungai yang seperti kita ketahui kwalitas dan kuantitasnya sudah menurun sehingga perlu dilestarikan kembali dengan harapan setiap warga ikut berpartisipasi untuk melestarikan daerah aliran sungai.

Dalam kesempatan yang sama, Fungsional Penyuluh kehutanan ahli muda Lilis Rahmayati S. HUT. MP. mengungkapkan, Ini dalam rangka Gerakan Pemulihan daerah air sungai ( GPDAS ) yang kita ketahui di wilayah Sukabumi yang mana daerah aliran sungai ( DAS) Cicatih, Cimandiri dan sungai Citarum yang sudah nyata dalam bentuk bencana Agroklimat diantaranya banjir, angin maka DAS ini perlu dibenahi dan dipulihkan yang mana memulihkan ini dalam kondisi kurang sehat.

“Sehingga tindakannya dalam penanaman pohon yang jumlahnya 1000 pohon dengan harapan pohon ini nanti bisa bermanfaat dalam jangka panjang dan merehabilitasi lahan hutan yang ada di Cicantayan dan hasilnya produktif bisa dinikmati oleh masyarakat dengan menghasilkan buah-buahan, oksigen, menahan air dan satwa disekitarnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ir. Sugama yang hadir dalam kegiatan mengatakan, pemulihan ini melalui Vegetatif dengan penanaman pohon yang disinyalir bentuk tanamannya mulai berkurang sehingga daya dukung lingkungan manusia dan bintang itu menurun sehingga ada inisiatif dari Gubernur ( Bp. Ridwan kamil ) dengan adanya gerakan tanam pemeliharaan pohon yang singkron dengan kebijaksanaan Bp. Bupati ( H. Marwan Hamami ) ingin menjadikan Kabupaten Sukabumi menjadi Kabupaten Konservasi.

Dengan bantuan di tahun ini dari Gerakan pemulihan daerah aliran sungai (GPDAS) dengan penanaman 2 jt pohon di masing-masing Desa 1000 pohon mengingat kedepannya gejala penyerapan air semakin berkurang.

“Kami mohon dukungan dari masyarakat karena ini juga sebagai wawarisan masa depan anak kita nanti,” pungkasnya.

(Azhari M)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.