Pelajar di Tangerang Rela Gowes Sepeda Sejauh 10 Km Agar Bisa Baca Buku

Fathan, Pelajar yang menempuh jarak 10KM dengan sepeda hanya untuk membaca Buku di perpustakaan daerah Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Fathan siswa pelajar SMK rela mengayuh (gowes) sepedanya sejauh 10 KM hanya untuk bisa membaca buku di Perpustakaan Daerah yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Cikokol Kota Tangerang.

Di era digitalisasi saat ini, dengan minimnya minat baca buku di kalangan masyarakat, Fathan adalah salahsatu dari sebagian pelajar yang rutin mengunjungi perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuan mereka di luar sekolah.

Fathan yang saat ini duduk di kelas 3 SMK Angkasa di daerah Cadas Kabupaten Tangerang, fokus belajar dalam bidang studi Teknik Komputer Jaringan ini mengaku menyesal selama dua tahun belakangan dirinya hanya bermain game saja.

“Dari kelas 1 SMK sampai kelas 2 itu main game doang tuh, ga belajar ga apa makanya suka sedih karena ketinggalan jauh, temen-temen pada pintar-pintar sedangkan aku masih kaya gini,” ungkap Fathan, Rabu (01/02/2023) saat ditemui di Perpustakaan Daerah.

Fathan mengatakan dirinya nekat mengendarai sepeda sejauh ini karena ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian masuk perguruan tinggi negeri yang menurutnya akan digelar tiga bulan kedepan.

“Sudah sebulan lebih rutin mencari buku untuk persiapan UTBK (ujian tulis berbasis komputer)” ujarnya.

Warga Perumahan Permata Sepatan, Kabupaten Tangerang ini mengungkapkan tidak adanya Fasilitas Perpustakaan Umum di sekitar rumah dan sekolahnya, dirinya pergi ke Perpustakaan Daerah di Cikokol Kota Tangerang seusai pulang sekolah adalah pilihan terdekat.

“Pulang sekolah langsung ke sini, kalo perpustakaan di daerah Kabupaten itu kan di Tigaraksa, lebih jauh lagi, di sekolahan juga ga ada Sekolah Swasta kan,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Imam Akbar penjaga perpustakaan daerah Kota Tangerang mengatakan pelajar asal Sepatan itu memang rutin selama sebulan belakangan mengunjungi perpustakaan di Cikokol.

“Satu bulan terakhir ini rutin setiap hari, awalnya ketemu di Kantor DPAD (Dinas Perpustakaan Arsip Daerah) di Ahmad Yani di awal bulan Desember,”katanya.

Imam sangat terkesan dengan semangat Fathan, dari semangat perubahan dirinya untuk belajar dengan membaca buku di perpustakaan selain itu selama berkunjung Fathan tidak lupa melaksanakan ibadah sholat.

“Pertama ketemu Dia nanya kondisinya itu basah kuyup, melihat motivasinya memang sangat luar biasa, jadi kita beri kemudahan akses nantinya untuk kita buatkan kartu anggota walaupun Dia beda domisili, melihat dari semangat dan motivasinya untuk belajar,” tutup Imam. (Ups)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.