Pekerjaan Irigasi  P3A “Mitra Cai Karya Mandiri” Diduga Bermasalah

P3A-Cybernewsnasional.com

CIREBON, MCNN – Salah satu faktor penentu suksesnya pertanian adalah irigasi pertanian yang sangat penting untuk diperhatikan. Karenanya komoditas pertanian bisa tumbuh subur dan siap dipanen apabila mendapatkan pengairan yang cukup.

Desa Cilengkrang Kecamatan Pasaleman kabupeten Cirebon Jawa Barat mendapatkan program irigasi yang dilaksanakan oleh Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Karya Mandiri berupa pembuatan irigasi, dan hal ini mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Irigasi-Cybernewsnasional.comAkan tetapi dalam pekerjaannya banyak mendapatkan kritikan dari masyarakat petani, karena mereka menduga dalam pengerjaan proyek irigasi tersebut ada kejanggalan dan diduga tidak sesuai dengan bestek.

“Saya curiga sepertinya sebagai pelaksana “Mitra Cai Karya Mandiri” dalam melakukan pekerjaan irigasi tidak sesuai dengan bistek,”ucap salah satu petani yang tidak mau ditulis indentitasnya, kepada MCNN. Rabu (27/07/2020).

Media Cyber News Nasional (MCNN) diberi kesempatan untuk mendampingi team yang terdiri dari beberapa orang yang mewakili masyakarat yang akan mengkonfirmasi kepada Kepala Desa ( Kuwu) Desa Cilengkrang, terkait proyek P3A.

Akan tetapi pa kuwu tidak ada di kantor, dicurigai ada kesan menghindar untuk menemui team, padahal sebelumnya mereka sudah berkomunikasi, bahkan sudah janjian dengannya melalui pesan singkat, tetapi akhirnya team ditemui oleh Sekretaris Desa.

Sekdes kepada awak media mengungkapkan bahwa Volume proyek P3A Mitra Cai keseluruhan ± 600 M. Akan tetapi berdasarkan tinjauan langsung di lapangan, pekerjaan irigasi tersebut diduga tidak sesuai dengan yang jelaskan Sekdes.

Diduga pekerjaan dikerjakan tidak maksimal karena dari pasangan batu yang tidak rapih, kurangnya  ketebalan plesteran bagian atas,  bahkan di sinyalir proyek irigasi tersebut yang harusnya berfungsi untuk mengairi sawah tetapi untuk mengairi parit/selokan.

Data dari hasil penelusuran MCNN, pencairab dana proyek tersebut sudah 70 % masih sisa 30%  dan waktu pelaksanaan 60 hari, dengan anggaran resmi dari pemerintah sebesar 195 juta.

Dalam hal ini masyarakat sangat berharap kepada pihak BBWS ( Balai Besar Wilayah Sungai ) tidak tutup mata harus turun ke lapangan untuk mengawasi Program P3A Mitra Cai  Desa Cilengkrang Kec. Pasaleman Kab. Cirebon.

“Ini anggaran dari negara, hasil dari pajak rakyat, jangan sampai di salah gunakan, makanya tolong dikontrol dan diawasi betul oleh BBWS,” tegas salah satu perwakilan masyarakat. (Hrn- supriyadi).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.