Pasmar 1 TNI AL Tanam 5000 Bibit Mangrove Di Tanjung Pasir Tangerang

KABUPATEN TANGERANG, Cybernewsnasional.com – Tidak hanya menjaga laut, namun demi terwujudnya Indonesia sebagai salah satu paru-paru Dunia Korps Marinir dalam hal ini prajurit Pasukan Marinir (Pasmar) 1 dipimpin oleh Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI Marinir Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA., bekerjasama dengan PT. Pegadaian dan warga masyarakat pesisir Tanjung Pasir menanam 5.000 pohon mangrove bertempat di pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (20/06/2022).

Brigjen TNI Marinir Dr. Hermanto mengatakan penanaman mangrove ini bertujuan untuk menciptakan lahan konservasi dalam rangka menjaga dan melestarikan hutan mangrove di wilayah sekitar pesisir pantai yang berpotensi sebagai aset pariwisata.

“Pelaksanaan penanaman kembali terhadap hutan mangrove yang telah rusak dalam hal ini perlu adanya keterlibatan Korps Marinir, Pemerintah dan masyarakat secara teknis dalam pelaksanaan reboisasi. Selain itu juga untuk mengatur tata ruang yang baik terhadap wilayah pesisir pantai berhutan mangrove, sehingga dapat berpotensi ekonomis dalam hal pariwisata, memberikan teladan kepada masyarakat terhadap pentingnya kelestarian hutan mangrove bagi lingkungan hidup.” Katanya

Sementara itu, dalam amanatnya Danpasmar 1 menjelaskan kegiatan tersebut juga mendukung program-program G20 dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

“Mari kita bersama-sama berkolaborasi dan saling mendukung kegiatan ini karena penanaman mangrove merupakan salah satu program pemerintah dalam hal ini Bapak Presiden terkait dengan menyambut kegiatan G 20, dimana salah satu tema yang akan diangkat adalah terkait dengan penanaman mangrove,” ujarnya.

Lebih lanjut, Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA., didampingi oleh para Pejabat Utama (PJU) Pasmar 1, para Komandan Kolak (Dankolak) Pasmar 1, para Dansatlak dijajaran Pasmar 1, Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT. Pegadaian Bapak Eka Pebriansyah, Kepala Administrasi Perhutani Banten Bapak Sukidi, S.Hut., Aspers Perhutani Serang Banten Bapak Lukita Sakagiri, Kepala BPDASHL Citarum Bapak Pina Ekalipta, Pejabat TNI/Polri wilayah Kecamatan Teluk Naga, serta para Pejabat Forkopimca Kecamatan Teluk Naga melaksanakan penanaman mangrove secara simbolis yang nantinya akan diteruskan oleh prajurit Pasmar 1 bersama masyarakat.

Diakhir kegiatan, Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA., bersama dengan Bapak Eka Pebriansyah juga memberikan paket sembako kepada masyarakat sekitar pantai Tanjung Pasir untuk membantu mengurangi beban masyarakat yang masih terdampak akibat pandemi virus Covid-19. (MUS)

 226 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.