Musim Penghujan, Katar Kecamatan Periuk Gelar Pelatihan Evakuasi Korban Banjir

TANGERANG, MCNN – Dalam Rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Tahun 2020, Karang Taruna Kecamatan Periuk bekerjasama dengan UPT BPBD Damkar Kecamatan Periuk menggelar Pelatihan Evakuasi Korban Bencana Banjir di Situ Bulakan, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Jumat (18/12/2020)

Dari pantuan Media Cyber News Nasional (MCNN), para peserta yang mengikuti pelatihan, nampak terlihat dari beberapa unsur yaitu anggota Tagana, KSB, PSM, Oi Crisis Center, TKSK dan Tramtib Kec Periuk.

Camat Periuk, H. Maryono Hasan memberikan arahan kepada peserta pelatihan.

Camat Periuk, H. Maryono Hasan menjelaskan, “Kecamatan Periuk merupakan langganan banjir, jadi kita bisa bergerak, membantu untuk siap memberikan kontribusi kepada mereka, tidak hanya bantuan evakuasi, tetapi dapur umum dan sembako,” paparnya.

Pelatihan ini melibatkan beberapa unsur dengan tujuan agar para relawan bisa menambah ilmunya, sehingga jika ada bencana banjir, mereka sudah siap dan sigap untuk melakukan evakuasi sesuai dengan aturan yang ada.

Banjir-Cybernewsnasional.com
Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan

Sementara itu Kepala UPT BPBD Damkar Kecamatan Periuk Syahrial menjelaskan bahwa dalam menghadapi musibah banjir, untuk persiapan secara fisik ditanggani oleh PUPR, dan persiapannya lebih ke peralatan evakuasi.

“Kita yang menentukan titik-titik posko pengungsi, menyiapkan peralatan perahu dan peralatan lainnya untuk evakuasi warga, bahkan pelatihan ini merupakan persiapan kita juga,” jelasnya.

Peserta pelatihan diikuti dari berbagai unsur

Seperti diketahui Kecamatan Periuk adalah salah satu kecamatan yang rawan banjir di Kota Tangerang.

“Kalau dari segi geografis, Kecamatan Periuk datarannya lebih rendah dibanding Kecamatan lainnya, kemudian ditambah pemukiman yang padat, ini sulit untuk kita mengalirkan air jika terjadi hujan deras. Untuk penangganan dari kota Tangerang, Bpk Walikota Tangerang H. Arief Wismansyah sudah membangun beberapa titik tanggul, drainase, sumur resapan, pintu air dan pompa penyerapan air. Itu yang sudah dilakukan,” tutupnya.

Di sisi lain Rachmat Hidayat selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Periuk yang juga sebagai Ketua KSB mengatakan, Karang Taruna Kecamatan Periuk bukan hanya mengadakan Pelatihan penanggulangan bencana yang dilakukan dalam menghadapi bencana banjir,  tetapi juga membuka dapur umum di Perumahan Garden City RW 25 Kel Gebang Raya Kec Periuk, yang dijadikan sebagai Sekretariat Bersama (Sekber). Dan tempat tersebut di pinjamkan oleh Pihak Pengembang Garden City.

Dapur umum ini dikelola oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan nantinya akan menjadi dapur untuk warga yang menjadi korban bencana banjir sa’at banjir melanda di wilayah Kecamatan Periuk.

“Dapur umum ini lokasinya di Garden City dan sudah dibuka sekarang. Yang mengelolanya dari PSM berjumlah 20 orang,” pungkasnya.

Kemudian Rachmat Hidayat selaku Ketua Karang Taruna dan Juga Ketua KSB Kecamatan Periuk, mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan gagasannya dari Bpk.H.Maryono selaku Camat Periuk, yang selalu mensuport setiap Kegiatan kami.  dan Juga Kepada Dinas Sosial Kota Tangerang dan Provinsi Banten yang sudah membantu peralatan tenda dan lainnya. (Angga).

 572 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan