Masyarakat Jadi Garda Terdepan Cegah Covid – 19

Jakarta, MCNN – Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengubah persepsi garda terdepan dalam menghadapi wabah Coronavirus Disease (COVID-19). Bukan lagi tim medis, kini garda terdepan itu adalah masyarakat.

“Saat ini memang kami jajaran kesehatan selalu dikaitkan sebagai garda yang terdepan dalam menangani COVID-19. Padahal kami adalah benteng terakhir. Yang di depan harusnya masyarakat,” tegas Yudi, saat ditemui di Kantor Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara, Jumat (17/4).

Maksudnya, dijelaskan masyarakat harus menjalankan segala aturan yang dianjurkan pemerintah dalam menekan angka penyebaran COVID-19. Mulai dari berdiam diri di rumah, menggunakan masker saat mendesak ke luar rumah masker, hingga disiplin menerapkan PSBB, dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Virus ini (COVID-19) memang tidak terlihat. Tapi lokasi penyebaran terlihat. Pembawa virusnya juga manusia. Ayo kita sama-sama mencegah agar jumlah kasus semakin turun,” jelasnya.

Hingga saat ini, diterangkannya angka kasus COVID-19 di Jakarta Utara tergolong kecil dibanding empat wilayah lainnya di DKI Jakarta. Namun angka tersebut dinamis seiring dengan kedislipinan masyarakat sebagai garda terdepan pencegahan COVID-19.

“Saya sangat meminta masyarakat benar-benar disiplin menaati aturan yang telah dianjurkan masyarakat. Saat ini memang angka kasus di Jakarta Utara hanya 10 persen dibandingkan total keseluruhan di DKI. Atau dibawah 200 kasus dari total keseluruahan di DKI. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa bertambah jika masyarakat tidak disiplin,” tutupnya. ( Sunarno )

 73 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan