Margarito Kamis : Harus ada Bingkai Pemersatu Ummat Islam Dalam Politik

Jakarta, MCNN.Com – Acara seminar Senat Fakultas Hukum Universitas Pancasila Jakarta yang dilaksanakan Sabtu ( 12/12/2020) dengan tema Peran Pemuda Islam Dalam membangun Konstitusi Indonesia menghadirkan pembicara DR. Margarito Kamis, SH, M Hum.

Pria kelahiran Ternate Maluku Utara adalah salah satu ahli hukum tata negara dan pernah menjadi staf khusus menteri sekertariat negara tahun 2006 – 2007.

Dalam paparanya Margarito memgomentari mengenai krisis politik dan kepemimpinan dikalangan Umat Islam.

Dalam Pandangannya, Umat Islam harus bersatu sebab dari setiap pemilu baik Orde lama, Orde Baru dan Orde Reformasi belum pernah memenangkan pemilun sekalipun.

Ada beberapa poin yang membuat partai Islam belum pernah memenangkan pemilu di mana yang paling mendasar adalah tidak adanya figur pemersatu.

” Dulu Soekarno lewat PNI nya mempunyai rival terkuat yaitu Masyumi sebab alur politik Masyumi bisa diterima pada zaman itu, ” katanya.

“Muhmad Natsir adalah figur yang mempunyai.leadership dan kepemimpinan yang bisa diterima oleh hampir semua lapisan Muslim saat itu, ” tambahnya

Beliaupun menggaris bawahi hal lain yang menyebabkan mundurnya perpolitikan umat Islam yaitu, banyak umat Islam yang semuanya ingin jadi raja dan memimpin.

” Sayan mempunyai pendapat pribadi bahwa sebaiknya partai Islam itu satu saja, jangan banyak tapi seperti buih dilautan, ” tegasnya ( 12/12/2020).*( Apen)

 

 460 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan