Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cicantayan Selenggarakan Haflah Ahirussanah Tahun Ajaran 2021/2022

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Madrasah ibtidaiyah (MI) Nahdatul Adabiyah Cicantayan selenggarakan Haflah Ahirussanah Tahun Ajaran 2021/2022.

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran oleh Yayasan Al-Mustofa Madrasah ibtidaiyah (MI) Nahdatul Adabiyah Cicantayan sebagai acara pelepasan dan kenaikan siswa-siswi dengan istilah Haflah Akhirussanah di halaman madrasah ibtidaiyah (MI) Desa Cicantayaan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi, Minggu (19/06/2022).

Ketua panitia sekaligus Ketua Yayasan Al-Mustofa E Mulyana Maryunani, S. Pd. I mewakili Kepala sekolah H. U. Patah, S. Pd. I dan dewan guru mengungkapkan rasa syukurnya karena saat ini bisa melaksanakan kegiatan akhir tahun ajaran atau istilah lainnya haflah akhirussanah.

“Ini adalah salah satu momen yang dinanti-nantikan, bahkan sudah jadi adat kebiasaan di masyarakat. Ada juga yang menyebutnya Samenan,¬† kita selama ini sudah dua tahun kebelakang tidak melaksanakan karena pandemi.

Tapi saat ini alhamdulillah ada kebijakan dari pemerintah sesuai protokol kesehatan serta anjuran tanpa mengabaikan aturan-aturan yang ada sehingga acaranya dari pagi sampai malam hari berjalan lancar,” kata Mulyana.

Mulyana juga menyampaikan, tahun ini jumlah siswa-siswi yang menempuh pendidikan madrasah ibtidaiyah ada 220 orang.

“Untuk pelepasannya kelulusan 30 orang dan semua dinyatakan lulus dari ke-30 orang tersebut. 23 masuk ke tingkat Tsanawiyah diantaranya ada yang ke Yaspi, Yapim , Yasnap dan sebagainya serta sisanya 7 orang masuk ke pondok pesantren dengan pendidikannya,” imbuhnya.

E. Mulyana menambahkan berkenaan kegiatan kenaikan kelas saat ini padat, mulai dari pelepasan siswa-siswi, audensi dengan wali murid dan warga ada juga pawai ta’aruf untuk syukuran, demontrasi drum band, kreativitas seni, edukasi berpidato dan acara puncaknya hiburan kreasi siswa-siswi.

“Selain sebagai ajang kreasi, tujuannya untuk mengambil potensi-potensi yang memang sengaja tidak mengambil hiburan dari luar yang berkerja sama dengan para alumni dengan seni musiknya secara positif,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari momen ini juga diharapkan bisa sebagai edukasi dan ajang silaturahmi dengan wali murid dan mudah-mudahan dapat menambah semangat gairah belajar yang mampu berkreasi seni siswa-siswi di tahun berikutnya.

“Pesan untuk warga masyarakat, pendaftaran kita buka mulai tanggal 15 Juni 2022 sampai 18 Juli 2022 secara langsung. yang basic wilayah di dua Desa yaitu Desa Cicantayan dan Desa Sukadamai, insyaallah kami akan menerima amanah ini dengan penuh tanggung jawab mulai dari mendidik minat, bakat, kemampuan siswa-siswi akan kita gali apa yang dicita-citakan setiap orang tua mengenyam pendidikan lebih baik dengan istilah madrasah hebat madrasah bermartabat,” harapnya

Tak lupa Mulyana juga mengucapkan banyak terimakasih kepada para tamu undangan yang hadir, Pemdes dan Kades Cicantayan, Kades Sukadamai, para alumni, tokoh masyarakat, tokoh pemuda termasuk “pamacan” dan beberapa stakeholder yang turut membantu mensukseskan kegiatan kenaikan kelas.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu alumni madrasah ibtidaiyah Cicantayan Iis Aisyah mewakili para alumni menyampaikan banyak terimakasih kepada guru-guru yang sudah mendidik.

“Semoga ilmunya bermanfaat menjadi anak yang berakhlakul kharimah sebagai generasi penerus bangsa, berbakti kepada orang tua, agama dan negara tercinta. Dengan harapan, madrasah ibtidaiyah (MI) Cicantayan semoga lebih maju lagi, lebih meningkat dan sukses,” pungkasnya.

(Azhari M)

 868 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.