LSM Dampal Jurig Peduli Kemanusiaan Serahkan Bantuan ke Korban Longsor di Cibadak

SUKABUMI, Cybernewsnasional.com –  Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (LSM Dampal Jurig) Jabar bersama tim datang dan mengunjungi lokasi longsor pergerakan tanah di Cibadak, Kamis (25/01/2024).

Diketahui, musibah pergerakan tanah yg mengakibatkan longsor tersebut terjadi tepatnya di kampung Cibatu Hilir Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi pada hari Rabu (24/01/2024) pukul 07.00 WIB dan terus berlanjut.

Pantauan lokasi pergerakan tanah (longsor) di Cibadak Kab.Sukabumi

Akibat bencana tersebut total sampai saat ini belasan rumah rusak berat / hancur rumah tertimbun rata dengan tanah dan korban mencapai 239 orang terdampak.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena semua pada menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. Mereka sementara sudah di evakuasi oleh pihak desa kecamatan pemerintah daerah kabupaten Sukabumi untuk hunian sementara,” ucap Irvan.

Belasan rumah tertimbun rata dengan tanah di lokasi longsor

Ketum LSM Dampal Jurig tersebut juga menjelaskan, kedatangannya selain memberikan doa motivasi dan semangat juga ikut menyalurkan bantuan paket sembako perlengkapan bayi makanan siap saji.

“Kami terus berupaya menjadi garda terdepan dalam setiap kegiatan sosial kemanusiaan. Bagi kami, bukan seberapa besar atau kecil bantuan yang diberikan tapi kepedulian dan rasa kepekaan sosial untuk meringankan beban Sesama.

Ia juga memaparkan, kedatangannya sekarang merupakan tahap pertama serta akan datang kembali untuk memberikan bantuan selama masa tanggap darurat bencana belum di cabut 10 hari kedepan.

“Kami informasikan juga, dari pantauan kami bantuan yang sangat dibutuhkan adalah makanan siap saji sembako perlengkapan bayi obat obatan pakaian layak pake selimut dan sejenisnya,” imbuhnya.

Terpantau, usai acara diatas, Irvan dan Tim menyempatkan diri untuk meninjau lokasi longsor dan kamp pengungsi serta berkomunikasi langsung dengan kepala desa Sekarwangi didampingi oleh oleh Babinsa danramil Cibadak dan bhabinkamtibmas Polsek Cibadak.

“Selain itu tadi kami berkomunikasi dengan Kabid BPBD Kabupaten Sukabumi terkait upaya-upaya selanjutnya untuk membantu warga tindak lanjut kedepan untuk para korban yang terdampak tanah longsor ini,” pungkasnya.

(A Zazuli)