Lokasi Wisata Baru Kabupaten Sukabumi Lembah Cinumpang, Ini Pesan Kadis PU

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – “Wisata selfie ngabuburit, nongkrong santai, ke Lembah Cinumpang saja. Tapi ingat, Jaga Kebersihan,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, Drs.Asep Japar yang akrab disapa Babeh Asjap melalui laman dinasnya, Rabu (29/03/2023).

Diketahui, Jembatan Cinumpang yang merupakan ikon jalan lingkar utara Kabupaten Sukabumi ternyata punya bagian yang mirip ‘sayap’ yang disebut-sebut sebagai spot selfie.

Jembatan ini memang ikonik, karena membentang tinggi di atas lembah Cinumpang yang eksotis di kawasan kaki gunung gede pangrango.

Proyek yang mulai digarap tahun 2021 ini masih berlangsung. Lingkar utara akan menghubungkan 4 kecamatan di yang berada di lereng gunung gede pangrango, yaitu kadudampit, Sukabumi, Sukaraja hingga Sukalarang dengan total.

Pada Jum’at, 17 Maret 2023 lalu masih tampak sejumlah pekerja sedang melakukan pembangunan trotoar dan selokan, dari simpang tiga jalan raya Kadudampit hingga di jembatan Cinumpang.

Kawasan ini sudah menghitam, alias sudah dilapisi aspal yang masih baru dan belum kering sepenuhnya.

 

Pengaspalan membentang sepanjang 440 meter dengan lebar 9 meter, dihitung dari gerbang masuk Cinumpang kadudampit dan berakhir di ujung jembatan yang berada di wilayah Kecamatan Sukabumi.

Di jembatan dengan panjang 90 meter dan lebar 9 meter terlihat belum ada pengerjaan lanjutan.

Di tengah jembatan besi bergaya dua lengkungan besar ini ada bagian yang cukup menarik perhatian, menonjol keluar di kanan dan kiri badan jembatan, spot selfie kah?

Jembatan yang membentang di ketinggian hingga 90 meter dari lembah sungai Cinumpang ini memang dibangun dengan konsep infrastruktur kekinian.

Dalam DED (Detail Engineering Design), jembatan ini akan dilengkapi dua ‘sayap’ yang akan dijadikan pedestrian sekalian bisa digunakan untuk spot selfie.

Bagian ini terbuat dari besi baja yang di tempel langsung ke beton tiang tengah jembatan.

Berbentuk setengah lingkaran yang memiliki panjang kurang lebih 5 meter pada setiap sisinya.

Jika dari arah Kadudampit, Spot Selfie sebelah kiri menghadap ke Gunung Gede Pangrango dan spot kanan menghadap lembah Sukabumi.

(A Zazuli)