Loka Monitor SFR Mamuju Adakan Sosialisasi dan Bimtek Sertifikat Operator Radio SRC Bagi Nelayan

MAJENE, CYBERNEWSNASIONAL.COM -Loka Monitor SFR Mamuju laksanakan Sosialisasi dan Bimbingan teknis Sertifikat Operator Radio SRC Bagi Nelayan di Majene tahun 2022, Kamis (22/09/2022).

Kegiatan sosisialisasi dan bimtek tersebut dilaksanakan di Hotel Villa Bogor Leppe, Kabupaten Majene.

Pelaksanaan kegiatan di buka langsung oleh Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI, Dr. Dwi Handoko, M.Eng.

Ketua Panitia Yan Kurniawan, ST mengatakan, tujuan dari Bimtek Sertifikasi Operator Radio ini adalah penggunaan komunikasi radio sesuai dengan peruntukannya dengan menggunakan etika komunikasi yang baku untuk Marabahaya, Segera, dan Keamanan (Distress, Urgency, and Security) Bagi Nelayan.

“Sehingga perlu sekali di adakan Bimtek yang pada dasarnya agar para pengguna radio lebih cedas dan lebih berkualitas dalam menggunakan peralatan komunikasi.

Selain itu diharapkan pengguna lebih ahli dan fasih menyampaikan informasi kepada sesama pengguna alat komunikasi dengan menggunakan perangkat digital yang makin canggih saat ini,” ucapnya.

Yan menambahkan, dasar dari
terlaksananya kegiatan ini mengacu pada UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, UU No. 17 Tahun 2006 tentang Pelayaran dan PM Kominfo No 7/2021 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio.

“Selain itu juga mengacu Perdirjen SDPPI No. 5 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Kecakapan Operator Radio Sistem Marabahaya dan Keselamatan Maritim Global Non Konvensi Solas dan
Surat Pengesahan DIPA Tahun Anggaran 2022 Satker Loka Monitor SFR Mamuju serta Program Kerja Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Mamuju TA 2022,” imbuhnya.

Tentunya kegiatan dari Bimtek Sertifikasi Operator Radio ini diisi dengan pembimbingan dan pelatihan operator radio komunikasi kapal nelayan untuk Sertifikat Jarak Jangkau Dekat (Short Range Certificate/SRC) Bagi Nelayan, demikian disampaikan ketua panitia.

Diketahui, peserta yang ikut dalam
Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek ini berjumlah 50 peserta dari instansi terkait dan nelayan baik Pemilik Kapal, Nahkoda kapal atau pun operator radio kapal.

Sebagai Moderator kegiatan adalah Halfien, ST dengan menghadirkan narasumber Yan Kurniawan, ST (Petugas Pelayanan Loka Monitor SFR Mamuju)
Materi: Peraturan Radio dan Perizinan ISR Maritim

Narasumber selanjutnya menghadirkan dua tokoh selaku Fungsional pengendali frekuensi Loka Monitor SFR Mamuju yaitu Adi Widayadi, ST dan Arizki Kosasih, SH dengan materi Pelatihan dan Pembekalan Komunikasi Radio Keselamatan Nelayan.

Diketahui, anggaran pelaksanaan kegiatan Bimtek ini bersumber dari DIPA Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Mamuju Tahun Anggaran 2022.

Lebih lanjut, Ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Sosialisasi dan Bimtek, serta kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan.

“Kami berharap semoga pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Bimtek ini dapat berjalan lancar dan kita semua mendapatkan tambahan pemahaman mengenai penggunaan frekuensi radio maritim dan tata cara berkomunikasinya yang baik dan benar sesuai dengan regulasi yang berlaku,” harapnya.

Atas nama panitia, Yan juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekurangan dari sis manapun dalam pelaksanaan kegiatan.

“Tak lupa juga kami mengingatkan kepada semua peserta bimtek untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Sosialisasi dan Bimtek Sertifikasi Operator Radio Short Range Certificate (SRC) Bagi Nelayan di Kab. Majene Tahun 2022 ini terpantau kondusif, tertib dan berlangsung lancar. (Rls/ Kml).

 272 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.