Limbah B3 Bocor, Resahkan Warga Sirnagalih

MCNN Jakarta– Akibat bocornya limbah B3 pengelolaan emas  yang di timbun dalam tanah berupa zat kimia H2SOP, warga Desa Sirnagalih  RT  03. RW.02 Kecamatan Jonggol kabupaten Bogor melakukan pengungsian sementara.

Hal ini  mengakibatkan tercemarnya udara hingga radius 20 meter serta menimbulakan bau menyengat dan juga mengakibatkan terjadinya iritasi mata.

Kepala Bidang Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Endah Nurmayanti kepada wartawan MCNN via telepon menjelaskan bahwa pihaknya
menghimbau agar warga Desa Sirnaggalih yang bertempat  tinggal di RT.02  RW.03 untuk sementara agar melakukan pengungsian ketempat yang lebih aman. Sabtu (14/03/2020).

” Saya imbau masyarakat untuk mengungsi sementara”. ungkapnya

Endah, menjelaskan bahwa limbah B3, yang di timbun dalam tanah sebanyak 100 dirigent tersebut, terpaksa dinetralisir  menggunakan kapur halus untuk menekan zat kimianya.

“Tempat ini sangat dekat sekali dengan masyarakat, sehingga masyarakat disini merasa resah”. jelas Endah Nurmayanti.

Hal senada dibenarkan oleh Camat Jonggol  Andri, ketika ditemui oleh wartawan MCNN Andi mengatakan bahwa  limbah B3 yang muncul dari pengelolaan emas milik warga berinisial  WS  tersebut menimbulakan bau menyengat serta mencemari  udara.

” Bisa bahaya buat masyarakat saya imbau masyarakat, makanya kami juga menghimbau kepada masyarakat disini untuk menggungsi”. ungkap Andi.

(Prb)

Tinggalkan Balasan