Lagi, Pokdakan Sauyunan Kadulawang Terus Berbenah Siapkan Diri

Lagi, Pokdakan Sauyunan Kadulawang Terus Berbenah Siapkan Diri
Lagi, Pokdakan Sauyunan Kadulawang Terus Berbenah Siapkan Diri

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM –  Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sauyunan Kampung Kadulawang Rw 01 Kelurahan Cipanengah Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi  terus berbenah dengan tata kelola infrastruktur maupun SDM di wilayahnya.

Pembenahan terus dilakukan dalam rangka menyiapkan diri menjadi wilayah wisata lokal Kota Sukabumi. Penataan tersebut sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dengan prinsip dari oleh dan untuk masyarakat. Kegiatan berbenah kembali dilaksanakan pada Minggu, (16/01/2022).

Saat ini, Kelompok Pembudidaya Ikan Sauyunan Kadulawang ini memasang Paving Block dan tata area sekitar kolam  dengan memaksimalkan pembangunan Taman Aspirasi Pokdakan.

salah satu areal Kolam Pokdakan Kadulawang
salah satu areal Kolam Pokdakan Kadulawang

Terpantau, dengan jalan yang dipasangi paving blok ini nampak lebih terlihat lingkungan yang rapi bersih. Ditambah lagi dengan dibuatnya tempat duduk dengan nuansa alami layaknya batang pohon dan rimbunnya pohon membuat betah warga yang lewat tertarik untuk beristirahat disini.

Selain itu, pinggiran kolam Pokdakan yang sebagian sudah ditembok saat ini dihiasi tanaman membuat lebih cantik dan terlihat asri.

“Walaupun dengan anggaran pribadi dan bantuan dari donatur yang peduli dengan Kelompok warga ini, Pokdakan mempunyai semangat dan optimis akan keberhasilannya selain berbudidaya ikan nila, mereka peduli merawat dan menata wilayahnya,” ujar Hendra yang dipercaya sebagai Humas Pokdakan.

Siapa lagi yang peduli kepada kampungnya selain warganya sendiri. Kami mencoba memimpikan cita-cita yang sama untuk menjadikan wilayah ini areal wisata lokal, demikian dikatakan Hendra.

“Pokdakan Sauyunan yang masih dibilang masih seumur jagung ini belum dapat memberikan penghasilan yang layak kepada anggotanya yang merupakan warga sekitar. Namun perjuangan dan pengorbanan mereka sudah terlihat dengan adanya  perubahan wilayah yang tadibya tidak terurus, saat ini berubah signifikan,” ungkapnya.

salah satu areal Kolam Pokdakan Kadulawang
salah satu areal Kolam Pokdakan Kadulawang

Hendra juga mengatakan, sampai saat ini beberapa bantuan datang dari beberapa Dinas Pemerintahan dan perorangan. Hal itu turut membantu perkembangan dari wilayah ini, sehingga step by step dapat berwujud dan benar-benar digunakan untuk penataan wilayah, pembangunan, Perlengkapan, Pakan dan Benih Ikan untuk berkembangnya Kelompok warga ini.

“Kami berharap kelak dapat mandiri berdiri sendiri dan mampu memberikan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian warga dari budidaya ikan yang dikelolannya,” harapnya.

Tak lupa Hendra mewakili Pokdakan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu berkembangnya Pokdakan Sauyunan hingga saat ini .

“Semoga saja, kami kuat dan terus eksis dalam perjalanan ini menuju kesuksesan, demi peningkatan perekonomian dan pembangunan yang terus dilakukan walaupun hanya mengandalkan pemberdayaan warga dan gotong-royong, Insyaallah berkah, bermanfaat dan menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua. Amiin,” pungkasnya. (Achmad Zazuli).

 377 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.