Klinik Tumbuh Kembang Anak RSUD Kota Tangerang Membuka Pintu Solusi Pencegahan Stunting

Klinik Gizi di RSUD Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — RSUD Kota Tangerang telah mengambil langkah berani dalam memberikan solusi terdepan untuk masalah stunting dengan membuka Klinik Tumbuh Kembang Anak sejak Februari 2020. Dengan dukungan dari tim medis yang berpengalaman, klinik ini tidak hanya menjadi andalan di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Kota Tangerang, tetapi juga menjadi harapan bagi masyarakat dalam memerangi gizi buruk dan stunting pada anak.

Menawarkan layanan yang komprehensif, klinik ini melibatkan dokter spesialis anak, spesialis gizi klinik, dan spesialis rehabilitasi medik. Lebih dari itu, pelayanan ini tersedia secara gratis bagi pemegang BPJS Kesehatan dengan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Dokter Spesialis Anak dr. Siti Nila Wardhani, Sp.A. menekankan bahwa klinik ini tidak hanya memberikan pengobatan, tetapi juga fokus pada edukasi pola hidup yang sehat, terutama bagi ibu dan bayi yang baru lahir di sana.

“Kami tidak hanya memberikan pengobatan, tetapi juga berupaya mencegah masalah stunting dengan memberikan edukasi tentang pola asuh yang baik kepada orangtua,” ungkap dr. Nila pada Rabu, 12 Juni 2024.

Dengan adanya Klinik Laktasi, dr. Siti Nila Wardhani berharap ibu-ibu yang baru melahirkan dapat mendapatkan edukasi tentang pemberian ASI yang benar kepada bayinya.

“Kami mendorong pemberian ASI eksklusif, dan jika diperlukan, kami juga menyediakan konsultasi di Klinik Laktasi untuk memastikan cara pemberian susu yang benar,” tambahnya.

Tim medis yang terdiri dari dokter spesialis anak dan dokter klinik gizi akan melakukan penilaian menyeluruh terhadap setiap pasien. Selain memberikan informasi tentang kebutuhan kalori, mereka juga memberikan strategi untuk mengatasi gizi buruk.

Dokter klinik gizi, dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati, Sp.GK menjelaskan bahwa pelayanan nutrisi tidak hanya mencakup analisis dan edukasi, tetapi juga dilengkapi dengan alat peraga yang memudahkan pemahaman, seperti ragam bentuk sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga: Inovasi Klinik MCU RSUD Kota Tangerang, Dari Layanan Cepat hingga Promo

Klinik ini terletak di lantai 4 RSUD Kota Tangerang, dengan jadwal pelayanan setiap Senin hingga Sabtu, mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan atau melalui akun Instagram @rsudkotatgr dan website rsud.tangerangkota.go.id.

Inisiatif RSUD Kota Tangerang ini menawarkan solusi yang holistik dan terjangkau bagi masalah kesehatan anak, menunjukkan komitmen mereka untuk meningkatkan kualitas hidup generasi mendatang.

Selain itu, pihak RSUD Kota Tangerang juga menyediakan fasilitas bermain anak di klinik ini, sebagai hiburan selama menunggu atau setelah dilakukan pemeriksaan medis.

Kisah Anette Estilita, seorang pasien stunting, menunjukkan bahwa sistem rujukan dari posyandu hingga RSUD Kota Tangerang dapat memberikan penanganan yang tepat dan komprehensif. Dengan dukungan BPJS Kesehatan, Anette dan ibunya, Ferliana, mendapatkan perawatan dan edukasi yang mereka butuhkan untuk mengatasi stunting.

Menurut keterangan dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati, Sp.GK, kolaborasi antara puskesmas, RSUD, dan BPJS Kesehatan menjadi kunci dalam penanganan kasus seperti Anette, membuktikan bahwa upaya bersama dari berbagai pihak dapat membawa perubahan nyata dalam pencegahan dan penanganan stunting. (ADV)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.