Ketua Mitra Cai Desa Cipinang, Program P3TGAI Sangat Membantu Kelancaran Air

Narkam (kiri) Ketua Mitra Cai Desa Cipinang

MAJALENGKA, Cybernewsnasional.com – Salah satu desa penerima bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI) dari Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cirebon tahun 2021 ini, adalah Desa Cipinang Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

Menurut ketua kelompok tani Cikamangi atau Mitra cai Desa Cipinang Narkam (65) sekaligus penerima bantuan P3 TGAI mengatakan. Dengan telah diterimanya bantuan P3 TGAI untuk kelompoknya,hal ini menurutnya sangat membantu akan kelancaran air bagi para petani yang dilalui oleh aliran irigasi Cikamangi.

“Saluran irigasi Cikamangi dapat mengairi lahan pertanian seluas kurang lebih 27 hektar.Dan dapat mengairi lahan pertanian yang ada di tiga desa yakni Cipinang,Parakan dan Cisetu.’Ujar Narkam saat ditemui dilokasi proyek P3 TGAI yang berada di Blok Pahing,Jumat (11/6/2021).

Dikatakannya, dengan adanya perbaikan irigasi tersier Cikamangi melalui P3 TGAI.Selain akan memperlancar air bagi para petani juga secara tidak langsung akan meningkatkan hasil panen.

“Kami berharap tahun depan desa Cipinang kembali dapat bantuan P3 TGAI.Karena masih banyak saluran-saluran air lainnya yang perlu perbaikan.”Harap ketua mitra cai desa Cipinang ini.

Sementara itu,pendamping P3 TGAI desa Cipinang dan Cisetu,Riki (30) yang saat itu berada dilokasi pekerjaan mengatakan.Pelaksanaan P3 TGAI didesa Cipinang sejauh pantauannya lancar dan tidak ditemukan permasalahan.

Penunjukan Desa Cipinang sebagai penerima P3 TGAI sendiri menurutnya tidak serta merta begitu saja.
“Namun sebelumnya sudah melalui kajian juga survai.Dan tentunya desa tersebut benar-benar memiliki lahan pertanian cukup luas.”Ucap Riki.

Disampaikannya, volume pekerjaan tersier P3 TGAI desa Cipinang yakni 331 meter. Dan menurut Riki pekerjaannya sangat baik sebab dilaksanakan langsung oleh kelompok tani.

“Program ini harus bisa bermanfaat bagi para petani sehingga mereka dapat meningkatan hasil panennya.”Pungkas Riki.

Penulis : Bisri.

 114 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan