Kegiatan Asyiknya Berbagi Buku Dilakukan Pemuda Kota Tangerang

Penggiat Kelompok Masyarakat dalam kegiatan belajar mengajar di Kota Tangerang, usai menerima bantuan buku. (Foto Supriyadi Cybernewsnasional.com)

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Masa Pandemi Covid 19 ada hal yang berbeda dilakukan oleh Pemuda asal Cipondoh Kota Tangerang, dirinya mengajak teman-temannya untuk berbagi dalam meningkatkan kegiatan budaya membaca.

Imam, sapaan akrab pemuda tersebut, mengajak untuk menyisihkan sebagian penghasilan dari temannya untuk membeli buku, dan kemudian diberikan kepada kelompok masyarakat yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar di beberapa wilayah di Kota Tangerang.

Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, dirinya mengatakan miris melihat generasi muda saat ini bahkan anak-anak hingga Balita kerap asyik bermain ponsel hingga kebiasaan membaca buku hampir terlupakan.

Berdasar hal tersebut, dirinya mendorong kelompok-kelompok masyarakat yang sudah bergerak dengan membantu memberikan dukungan dengan memberi bantuan buku bacaan yang sesuai dengan yang dibutuhkan di kelompok masyarakat tersebut.

“Berawal dari buku-buku bekas Kita kumpulkan dan kita bagikan ke salahsatu kelompok masyarakat, tapi kan ga semua cocok tuh isi buku bacaannya sama anak atau orang yang kita kasih, nah dari situ kita coba kumpulin duit dari temen-temen yang peduli buat menyisihkan sebagian rejekinya, Kita beliin yang cocok dah bukunya,” ujar Imam, yang enggan dirinya untuk difoto

Dirinya pun mengungkapkan, sudah beberapa kelompok belajar dibantu oleh teman-temannya dan selain uang dari teman-teman banyak ide dan masukkan bagi dirinya bentuk dan tema buku bacaan yang akan dibeli untuk dibagikan.

“Yah selain duit, kita obrolin buku apa yang cocok buat dibagikan, banyak masukkan dari teman-teman saya, yah selama ini buku bacaan anak yang asyik dulu buat mereka baca biar tidak cepat jenuh, selain itu buku iqro dan Al-Qur’an kebanyakannya, karena miris, pernah liat saya pengajiannya rame tapi iqro ama Qur’annya sedikit, mereka sampe gantian kalo ada hafalan,” ungkapnya.

Selain kelompok belajar di Kota Tangerang, dirinya pun pernah memberikan buku bacaan untuk dibawa ke luar daerah, ke Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

“Ada juga kawan lama yang dulu voulentir (relawan-red) di Rumah Belajar Anak Langit saat ini Hijrah ke kampung halaman istrinya di Jawa, di sana dia buka rumah baca tulis OMAH MOTU untuk warga dusunnya di Desa Kaliprau Pemalang, pas dia pulang Kampung ke Tangerang kita bawain oleh-oleh buku dah, kan mudiknya ke Poris” Jelas Imam sambil tersenyum.

Dari kegiatan tersebut, dirinya berharap bisa berbagi kegiatan yang dianggap asyik dan menyenangkan dengan cara berbagi buku.

“Kan umumnya Pandemi Covid 19 berbagi sembako dan sebagainya, nih kita ajakin ayo buat beli buku temanya Asyiknya Berbagi Buku itu Menyenangkan, belajar online anak-anak jadi keseringan pegang ponsel dan main game, makasih buat temen-temen yang udah mau sisihin duitnya buat beli buku, nih kemarin kita habis sekitar dua juta rupiah, ga tentu lah, asal udah ada kumpul duit kita beliin terus kita bagiin,” tutup Imam usai membagikan buku di daerah Kelurahan Gondrong, Pinang Kota Tangerang, Selasa (2/2/2021) malam.

(UPS)

 1,534 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.