Katar Kecamatan Pinang dan TKP Gelar Donor Darah di HKN ke-56

Donor Darah

KOTA TANGERANG, MCNN – Dalam momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 yang diperingati pada 12 November 2020, Karang Taruna (Katar) Kecamatan Pinang Bersama Organisasi Tangerang Kita Peduli (TKP) menggelar donor darah di Aula Kecamatan Pinang, Jalan Rasuna Said Kota Tangerang, Kamis (12/11/2020).

Pasalnya, kegiatan sosial tersebut dalam rangka antisipasi pemenuhan kekurangan kebutuhan darah untuk menyelamatkan nyawa seseorang, seperti korban kecelakaan, pengidap kanker atau kelainan darah, bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu dan orang yang menjalani operasi besar.

Ketua (MPKT) Kecamatan Pinang Mumu Rohomu mengatakan, bahwa kegiatan bersama TKP dapat terselenggara dengan baik atas bantuan dari PMI Kota Tangerang yang didukungan Kecamatan Pinang dan peran serta warga yang turut ikut membantu mendonorkan darah.

“Kegiatan ini memang dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional 2020. Kami mengadakan donor darah karena kami anggap ini adalah momen yang tepat karena sudah hampir beberapa dekade ini donor darah di Kecamatan Pinang ini agak terhambat pelaksanaannya,” ungkap pria yang kerap disapa Jaro.

Meski masa pandemi Covid-19 belum usai, masih banyak penyakit lainnya yang juga membutuhkan perawatan, serta membutuhkan transfusi darah. Belum lagi korban kecelakaan, atau ibu melahirkan yang mengalami perdarahan.

Ketua MPKT Kecamatan Pinang-Mumu Rohimu

Melihat hal tersebut, dirinya juga menjelaskan, antusias para pendonor di masa pandemi Covid-19 tergolong baik, dan kedepan akan terus menggelar kegiatan-kegiatan sosial lainnya dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat Kota Tangerang.

“Para pendonor darah yang ada di wilayah Kecamatan Pinang ini masih sangat luar biasa, dan mengharapkan kegiatan ini jangan berhenti lagi, terus berkesinambungan, terus terkonteniu,” jelasnya.

Selain itu, Koordinator TKP Sauful Basri, yang biasa dipanggil Marcel juga berharap, kedepan akan terus menjalin kerjasama kepada unsur lainnya dalam melakukan kegiatan sosial di Kota Tangerang.

“Kita akan terus melibatkan semua unsur yang ada, untuk melakukan kegiatan-kegiatan khususnya di bidang sosial,” jelasnya.

Marcel juga berharap, masyarakat Kota Tangerang dapat terus meningkatkan minat akan pentingnya mendonorkan darah, selain dapat bermanfaat, baik juga bagi pendonor.

“Semoga masyarakat lebih menyadari bahwa pentingnya donor darah itu kenapa, untuk kesehatan kita juga, dan juga memberikan kesehatan kepada orang lain,” harapnya.

Oetugas PMI Kota Tangerang-Winda

Disisi lain, petugas dari PMI Kota Tangerang Winda, saat usai kegiatan donor darah kepada Cybernewsnasional.com menerangkan, dari puluhan pendonor dapat dirasakan tingkat antusias pendonor saat pandemi Covid-19 masih baik. Bahkan, mendonorkan darah di saat wabah Covid-19 juga sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, karena prosedur selama donor darah sudah diatur dan diusahakan seaman mungkin.

“Ya, cukup bagus ya!.,karena tadi ada sekitar puluhan yang mendonor, apalagi saat pendemi, gak usah khawatir, sebenarnya mendonorkan darah itu sangat baik juga buat kesehatan,” terangnya.

Selain tidak adanya bukti penularan melalui transfusi darah, darah yang didonorkan pun tidak akan langsung diberikan kepada penerima donor. Darah tersebut akan melalui beberapa proses pemeriksaan, penyaringan, dan pemisahan komponen sehingga aman untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan.(red)

 124 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan