Karawang Akan Mempunyai Pasar Induk Terbesar di Jawa Barat

Pasar Induk-Cybernewsnasional.com

Kabupaten Karawang, MCNN – Groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan pasar induk di Dawuan Kabupaten Karawang dibuka oleh H. Hutomo Mandala Putra, SH. Komisaris Utama PT Mandalapratama Permai dan PT. Humpuss Land.

Pasar Induk ini yang rencanamya dibuat dengan konsep modern di beri nama ” Pasar Induk Modern Berkarya“. Berdiri diatas lahan kurang lebih 12 ha , dengan kapasitas sekitar 4.264 unit yang terdiri dari ruko, kios dan lapak yang bisa disewa oleh masyarakat untuk berdagang dalam masa sewa 20 tahun.

Pasar Induk Modern Berkarya adalah pasar yang dibuat dengan konsep modern dan ramah lingkungan, diantaranya sistem pengolahan sampah organik yang akan di recycle menjadi biogas sehingga menjadi kawasan pasar yang ramah lingkungan, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik, Pasar Induk Modern Berkarya akan menggunakan tenaga surya melalui panel – panel yang dipasang diatas atap bangunan pasar yang bisa menghasilkan 5 Megawatt tenaga listrik.

Terbesar-Cybernewsnasional.com
H. Hutomo Mandala Putra, SH. Komisaris Utama PT Mandalapratama Permai dan PT. Humpuss Land.

Sebagai Pasar Induk Modern pihak managemant memberikan fasilitas parkir dan tempat bongkar dan muat barang yang sangat luas dan nyaman, memiliki lebar jalan antar block sekitar 12 meter dan parkiran yang bisa memuat 500 truck ukuran besar juga bisa menampung sekitar 1.700 unit x 2 susun atau 3.400 unit sepeda motor.

Fasilitas lain yang bisa kita nikmati adalah sarana tempat ibadah ( Masjid Jami’ ), dan rumah susun yang akan dibangun untuk menampung para pedagang yang melakukan aktifitas jual beli di Pasar Induk Modern Berkarya. Masjid yang didesain mempunyai dua lantai ini mampu menampung kurang lebih 2.500 jama’ah sedangkan untuk rumah susun bisa dihuni kurang lebih 10.000 kepala keluarga.

Sebagai alat transportasi dalam rangka memanjakan pedagang dan pembeli pihak managemant pun siap membangun terminal Reguler tipe B dengan luas 3 ha yang akan dibangun bersebelahan dengan lokasi Pasar Induk Modern Berkarya. Terobosan luar biasapun dilakukan oleh management dengan akan dibangunya pabrik makanan dan minuman yang akan didistribusikan ke dalam para pedagang yang menyewa Kios, Lapak atau ruko di pasar ini.

Dengan konsep pasar induk yang bersih , aman, dan nyaman maka management memberikan moto ” Baraya” yang dalam bahas Sundanya bearti Saudara, sebuah persembahan yang membanggakan kepada masyarakat cikampek dan Karawang khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Karawang-Cybernewsnasional.com
Groundbreaking pasar induk medern berkarya

Rencana pembangunan Pasar Induk Modern Berkarya ini disambut gembira oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nuracchadiana , beliau mengatakan bahwa dengan adanya pasar induk terbesar di Jawa Barat ini artinya bisa membantu pengentasaan masalah pengangguran dan penataan para pedagang yang ada diKarawang, karena Pasar ini akan menyerap tenaga kerja sekurang kurangnya 14.000 orang.

” Alhamdullilah dengan adanya pasar induk berkarya kami selaku kepala pemerintahan Kabupaten Karawang merasa terbantu sebab bisa membantu merekruit tenaga kerja warga Karawang’ dan mendukung penuh baik dari sisi perijinan maupun prasarana yang di perlukan, seperti jalan raya yang saat ini ada 2 jalur, akan dirubah menjadi 4 jalur”, jelasnya. (11/03/2020).

Acara peletakan batu pertama juga dihadiri oleh Komisaris Utama PT Humpus Group H. Hutomo Mandala Putra, SH., Direktur Utama PT Humpuss Land Darma Mangkuluhur, Bupati Karawang dr. Cellica Nuracchadiana dan unsur – unsur pemerintahan, Muspida Pemda Karawang.

(Ammar – Apen).

Tinggalkan Balasan