Kapolsek Sawangan Tinjau Penurunan Rekahan Tanah Tebing Di Jalan Tembus Ketep – Selo

Magelang, Cybernewsnasional.com – Kapolsek Sawangan AKP Tugimin meninjau proses penurunan rekahan tanah tebing di jalan tembus Ketep- Selo tepatnya di sebelah timur balai desa Wonolelo kecamatan Sawangan, Kamis (4/2/2021).

Jalan tersebut merupakan jalan propinsi yang menghubungkan antara kabupaten Magelang dengan Kabupaten Boyolali yang posisinya terletak diantara pegunungan merbabu dan merapi. Sebelumnya pada bulan januari yang lalu tebing tersebut mengalami longsor dengan ketinggian tebing 20 m dan lebar 20 m.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri dari dinas Binamarga Jateng, Perhubungan kabupaten Magelang, BPBD, Polsek Sawangan, Koramil 12 dan relawan masyarakat dari desa Wonolelo.

Kabid pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD kabupaten Magelang Ir. Gunawan Imam Suroso mengatakan. ” Bekas tebing yang dahulu longsor nantinya mau dilandaikan di buat terasering supaya kalau hujan deras kembali tidak terjadi longsor susulan yang bisa membahayakan pengemudi roda dua maupun roda empat pada saat melintas,” jelasnya.

Kalau dilihat sekarang tebingnya masih kelihatan curam tegak lurus dan rawan longsor sehingga nantinya mau ditata kembali dan dibuatkan saluran air agar air hujan tidak langsung mengalir kebahu tebing jalan melainkan diarahkan ke saluran air /selokan yang sudah dibuat warga.

“Nanti pengerjaannya supaya cepat dan tidak memakan waktu lama akan menggunakan dua alat berat sekaligus untuk membersihkan material tanah,” ucapnya.

Pada saat proses penurunan material tanah berlangsung untuk sementara waktu arus lalu lintas ditutup dan diarahkan ke jalur lain, yang dari arah Magelang menuju Selo diarahkan melewati pertigaan tlatar terus naik melewati desa sengi kecamatan dukun ke arah desa Klakah sedangkan yang dari arah Selo boyolali menuju Magelang diarahkan dari perbatasan simpang 3 Selo menuju desa Klakah kearah kecamatan Dukun,” tambah, Kapolsek Sawangan AKP Tugimin.

Agar pengemudi kendaraan mengetahui kalau arus lalu lintas ditutup, petugas dari dinas perhubungan Kabupaten Magelang di standby-kan dipertigaan Ketep sama di pertigaan perbatasan Selo untuk mengarahkan arus lalu lintas.

Setelah itu kalau proses pembersihan tanah sudah selesai supaya jalanan tidak licin dan membahayakan bagi pengemudi kendaraan nantinya langsung dibersihkan dan disemprot pakai air oleh BPBD kabupaten Magelang, tandasnya. ***(Hms/Endang)

 261 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan