Kadis Pertanian Mateng Berharap Pembangunan Irigasi Dibangun Permanen

MAMUJU, Cybernewsnasional.com -Dalam rangka mewujudkan swasembada pangan yang berkualitas dan hasil yang melimpah khusunya hasil tanaman padi, Kadis pertanian Mamuju Tengah Heriyanto, meminta kepada pemerintah pusat maupun daerah, agar bisa terwujud hasil yang maksimal dalam hal swasembada pangan dan lumbung padi yang baik, kami minta kepada pemerintah agar irigasi di permanenkan.” Harapnya.

Hal ini di sampaikan Kadis Pertanian di sela kegiatan mengikuti peresmian Karantina pertanian oleh Wamentan di mamuju – baru ini. Minggu (29/01/2023).

Lanjut Hery, kami di Mamuju Tengah sangat potensial sekali untuk beralih dari pungsi kebun sawit ke persawahan, cuman kendala utamanya adalah kurangnya saluran irigasi pengairan yang permanen, masyarakat kami sangat mengharapkan adanya pembangunan irigasi karena para petani kami memang awalnya lebih condong ke persawahan sebelum ke perkebunan.

Dari lima kecamatan yang ada di Mamuju Tengah semua berpotensi untuk persawahan tinggal pemerintah secepatnya menyelesaikan
pembangunan bendungan yang ada di Salolebo agar penyaluran air melalui irigasi dapat tersalurkan dengan baik ke Kecamatan- kecamatan dan Desa- desa,” imbuhnya.

Dari hasil survei yang kami lakukan bahwa pengalihan pungsi dari perkebunan sawit ke persawahan sudah mencapai lima puluh persen yang di mana data 11.900.H sudah mencapai 6.800.H jadi masyarakat sudah mulai minatnya nya untuk ke sawah semakin besar, artinya Insya Allah Mateng akan menjadi lumbung padi yang besar.’ Tutupnya. ***( Kml)***.