Jokowi dan Anies Bareng Tinjau Vaksinasi Massal di Pelabuhan Tanjung Priok

Presiden Jokowi, Gubernur Anies, Menhub dan Menkes di atas podium.

Jakarta, MCNN – Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Priok, untuk melihat langsung pelaksanaan vaksinasi massal dan meninjau Pelabuhan Tanjung Priok, pada Kamis (10/6/2021) pagi.

Tidak hanya di Pelabuhan Tanjung Priok saja, Presiden Jokowi juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT).

Rencananya, Kementerian Perhubungan Cq Ditjen Hubla Cq Kesyahbandaran Utama (KSU) dan Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok selaku koordinator pelaksanaan vaksinasi mengatakan akan menggelar vaksinasi sampai dengan 6 hari ke depan.

Pada kunjungan Presiden Jokowi, turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dirjen Hubla Agus Purnomo.

Kepala OP Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko menyampaikan, Kemenhub berencana akan menyalurkan sebanyak 10.000 vaksin bagi masyarakat maritim.

“Awalnya totalnya 1.500 vaksin. Namun karena Bapak Menteri ingin menggapai semua masyarakat maritim, maka jumlahnya ditambahkan menjadi 10.000 vaksin,” ungkap Wisnu kepada cybernewsnasional.com di sela-sela kegiatan vaksinasi.

Wisnu berpendapat, keinginan Menhub tersebut karena masyarakat maritim terdiri dari beragam profesi. Selain itu, antusiasme masyarakat untuk vaksinasi juga sangat tinggi.

“Profesi masyarakat maritim beragam, diantaranya ada nelayan, supir truk, TKBM, pekerja outsourcing pelabuhan, anak buah kapal, petugas pandu-tunda, mooring, agen pelayaran, dan lainnya. Saya berharap seluruh masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini,” ujarnya.

Sementara untuk mencegah terjadinya kerumunan, TNI-Polri dan KSU Priok bersinergi menjaga ketertiban dan menghimbau para peserta vaksinasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Kami petugas gabungan dari TNI-Polri dan Syahbandar Priok berupaya menjaga ketertiban untuk mencegah kerumunan. Kami juga menambah personel karena antusiasme masyarakat cukup tinggi,” tutur Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis.

Dijelaskannya lagi, untuk kegiatan vaksinasi untuk hari ini dibatasi dan dihimbau dilanjutkan esok hari, dimulai pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 15.00 WIB sore.

“Hari ini kami batasi dulu dan akan dilanjutkan besok lagi. Peserta yang mengantri pun membubarkan diri secara tertib,” pungkasnya.

Masih di tempat yang sama, Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Andi Hartono menyampaikan bahwa pihaknya telah menghimbau agar masing-masing koordinator fokus mengatur anggotanya dalam menjaga ketertiban pelaksanaan vaksinasi. (KN)

 210 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan