Hobi Ikan Cupang Marak Digemari di Masa Pandemi

Ikan Cupang

KOTA TANGERANG, MCNN – Hobi ikan hias jenis Betta Splendens atau yang dikenal dengan ikan Cupang, kini makin digemari masyarakat di masa pandemi covid-19.

Pasalnya, hobi baru bagi budidaya ternak maupun pemelihara cupang, digemari masyarakat untuk mencari kesibukan karena banyak diam di rumah saat masa Pandemi Covid-19.

Salahsatu ikan cupang yang kini digemari yakni jenis koi, yang unik dengan kreasi corak warna yang beragam yang mampu menghasilkan nilai rupiah yang tinggi, bahkan di beberapa wilayah di tanah air, pemasaran ikan cupang mampu menembus pasar mancanegara.

Diantaranya, seorang pembudidaya, maupun sebagai pemasar ikan Cupang asal Kota Tangerang, Hikmat mengatakan, selain hobi, penjualan ikan cupang menjadi ajang komersil, yang pernah menjual per ekor dengan harga jutaan rupiah.

“Saya pernah menjual di pasar lokal ikan cupang jenis Gordon seharga 1,3 juta rupiah,” katanya.

Hikmat-cybernewsnasional.com

Ikan cupang, yang digemari dengan budaya untuk dihadirkan sebagai ikan aduan para penghobi, selain itu, kini para penggemar pemelihara cupang juga mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, dengan prestasi klasifikasi keindahan warna maupun jenis. Pihaknya juga berharap, para penghobi maupun pembudidaya kian marak serta tidak pernah usang.

“Sekarang gak kaya dulu, kalo dulu yang hobi anak kecil untuk aduan, sekarang orang dewasa banyak yang hobi buat kontes,” terang Hikmat.

Hikmat mengungkapkan, jika penggemar cupang tidak hanya dari wilayah lokal, namun banyak permintaan dari mancanegara. “Banyak permintaan di masa sekarang ini, mulai dari wilayah lokal maupun luar negeri. Tapi sekarang kesulitannya untuk ekspornya yang agak sulit,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya berharap bantuan dari pihak terkait untuk bisa memberikan kemudahan dalam akses penjualan untuk pengiriman ekspor.

“Saya mah pingin pemerintah maupun, pihak terkait bisa membantu UMKM lokal untuk bisa tembus dunia mancanegara dengan mempermudah pengiriman ke luar negri jika ada permintaan,” tandasnya. (red)

Tinggalkan Balasan