Hari Kopassus, Mengingat Serda Ucok Eksekusi Tahanan Dalam Lapas

(Kiri) Ucok, Mantan Anggota Kopassus. (Foto istimewa @infokomando)

Cybernewsnasional.com — 16 April diperingati sebagai hari jadi Komando Pasukan Khusus (Kopassus), mengingat Serda Ucok Tigor Simbolon mantan anggota Kopassus Group II Kandang Menjangan Kartasura yang divonis 11 tahun penjara karena terbukti mengeksekusi empat tahanan dengan senjata AK-47 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

Keempatnya adalah Yohanes Juan Manbait, Gamaliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, dan Hendrik Benyamin Sahetapy Engel. Mereka bertanggung jawab atas kematian Serka Heru Santoso di Hugo’s Café yang juga senior Serda Ucok di Korps Baret Merah.

“Apabila selesai menjalani hukuman, saya akan tinggal di Yogyakarta, bersama-sama memberantas preman,” tegas Ucok usai menerima putusan di Dilmil II-11 Yogyakarta, Kamis 5 September 2013.

Ratusan orang menyambut gegap gempita pernyataan Ucok ketika itu yang mendukungnya di pengadilan militer. Sebab, masyarakat menilai Ucok dan 11 anggota Kopassus lainnya telah berjasa dalam memberantas preman yang meresahkan di Kota Keraton tersebut.

Di tahun 2021 jelang Hari jadi Kopassus, muncul foto Serda Ucok di media sosial. Dalam foto yang viral di media sosial, dia menggunakan celana jeans dan kaos ditemani seorang pria.

Menurut keterangan salahsatu komentar, pria disamping Ucok adalah Kolonel Wahyo Yuniartoto.

“Brotherhood… Sekali Komando tetep Komando.” Tulis keterangan pada unggahan (11/4/21) akun @infokomando dikutip cybernewsnasional.com.

(Ups)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.